People Innovation Excellence

Suatu Perpaduan Manajemen Timur dan Barat [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Di bidang manajemen proyek, pengetahuan adalah  kunci yang terhubung dengan manajemen sumber daya manusia dan terutama dengan gaya kepemimpinan. Dengan demikian, tantangan utama manajemen proyek abad 21 adalah memahami sifat manusia dengan lebih mendalam sekaligus dapat membaca  hati dan pikiran para pemangku kepentingan proyek, khususnya anggota tim proyek dan para pemimpin tim kerja. Pemahaman tentang  pendekatan  ala  Cina yang  berdasarkan pada hubungan atau koneksi merupakan pengetahuan yang sangat  berharga untuk para manajer proyek dari barat.  Adapun elemen kunci dari pendekatan tersebut mencakup  hubungan interpersonal dan dinamika kelompok, seni menafsirkan pesan,   dan menemukan keseimbangan yang tepat antara seni kepemimpinan dan ilmu manajemen. Disamping itu juga  membangun dan memelihara hubungan pribadi dalam suatu  tim kerja proyek. Pendekatan  berbasis hubungan juga dapat  dicontohkan oleh manajemen stakeholders, dengan mengidentifikasi kebutuhan dan/atau keinginan mereka, baik yang  terbuka maupun  tersembunyi dan  memperlakukan kepentingan mereka sebagai salah satu faktor kunci keberhasilan
proyek. Aplikasi yang lebih luas dari pendekatan  tersebut  merupakan pelajaran berharga berikutnya yang bisa ditarik dari  budaya timur.   Para manajer proyek dari  barat juga bisa memanfaatkan  praktik ala timur yang terampil menggunakan  soft skill atau  sisi kelembutan dalam mengelola proyek. Mereka juga dapat menggunakan  intuisi dalam memecahkan masalah dan konflik, serta komunikasi informal dan lain sebagainya.  Adakalanya juga dibutuhkan  mengunakan prinsip  “wu wei” dalam praktik manajemen proyek, yaitu tindakan non-manajerial dengan mendiamkan  dan membiarkan permasalahan berlalu dengan sendirinya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close