People Innovation Excellence
 

Suatu Perpaduan Manajemen Timur dan Barat [Bagian 7/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Hal penting dari kesemua paparan diatas, adalah bahwa kesuksesan mengelola suatu proyek membutuhkan kerjasama dari  semua orang yang memiliki latar- belakang  budaya dan  kebiasaan yang berbeda. Semua pihak perlu menyadari pentingnya mengubah pikiran dan perilaku yang dipengaruhi budaya masing-masing agar siklus hidup proyek dapat terus berlangsung,  dengan menempatkan semua pihak sebagai mitra kerja kia.  Tentunya kita  dapat memilih siapa yang akan dijadikan teman kita, namun sebaliknya kita hanya memiliki sedikit kesempatan untuk memilih mitra kerja kita. Dengan kata lain, “hidup adalah hidup”, “kerja adalah kerja” dan “bisnis adalah bisnis”.  Yang paling penting untuk digaris-bawahi oleh para  manajer  dari timur adalah bahwa kontrak  dan rencana proyek  dapat lebih  menjamin kesuksesan kita  meskipun hal tersebut   juga merupakan pembatasan atau pengekangan ruang gerak kita. Adakalanya kita perlu untuk mengorbankan sedikit  kebebasan untuk kebebasan  yang lebih besar.  Pelajaran berikutnya adalah, meskipun tersedia  saluran informal dan halus  dalam menjalin  komunikasi ,  namun diskusi terbuka dan laporan tertulis adalah alat yang lebih langsung  dan lebih mudah dicerna, yang  dapat mengurangi kesalahpahaman selama berlangsungnya kerjasama manajemen proyek. Dengan demikian, Informasi adalah  sumber daya, maka komunikasi dapat membantu  kita  untuk  menyempurnakan  kerjasama ketimbang  kehilangan suatu peluang.   Last but not least, perbedaan besar antara budaya timur dan barat menuntut para memimpin untuk  menggunakan pendekatan yang berbeda dalam manajemen proyek, baik  pada sikap dan  tingkat  pemikiran   maupun pada  tingkat teknikal  dan keterampilan  khusus. Manajemen proyek kontemporer tengah  ditantang oleh globalisasi untuk  mencari metode baru yang lebih efektif untuk mengelola proyek dan mengelola organisasi berbasis proyek. Paparan diatas sepintas telah  membahas beberapa implikasi dari perbedaan budaya terhadap manajemen proyek, dan sekaligus  menyarankan sejumlah  prinsip panduan, yang dapat digunakan pada perbauran  lingkungan timur dan barat untuk  meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen proyek. Tentu saja penelitian dan analisis lebih lanjut perlu dilakukan berkenaan dengan  topik ini, sehingga  diperoleh  prinsip-prinsip yang lebih ajeg dan dapat  diterapkan dalam berbagai daur hidup proyek.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close