People Innovation Excellence

Peran Baru Manajemen di Era Industri Moderen [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada kebanyakan organisasi saat ini, agaknya para pekerja lebih banyak tahu   tentang pekerjaannya ketimbang para manajer mereka. Kenyataan ini telah memaksa para manajer organisasional gaya lama – yang biasa menggunakan gaya kepemimpinan top-down – mulai mengakui bahwa banyak para pekerja saat ini yang mampu mengelola pekerjaan mereka sendiri. Terhadap fenomena tersebut, para manajer perlu menjelaskan “mengapa” dan “bagaimana” manajemen organisasional gaya baru untuk saat ini dipraktikkan? Selama ini, ketika kita hendak mencoba mendefinisikan manajemen, maka bayangan pertama yang melintas di benak kita, adalah tampilnya sosok seorang manajer yang menempati posisi dan peran penting, dan sekaligus memiliki otoritas terhadap sejumlah bawahannya (subordinasi). Sebaliknya dalam pengertian manajemen organisasional masa kini, dimana para pekerja ternyata mampu mengelola pekerjaannya sendiri, maka manajemen dipandang sebagai suatu proses yang dapat melibatkan semua orang. Karenanya, manakala kita hendak mendefinisikan manajemen sebagai sebuah peran (fungsi, tugas, wewenang dan tanggung jawab), maka kita jangan sampai dibatasi oleh pembahasan yang hanya mengacu pada peran manajer semata. Hal ini mengingat dunia dan peran tenaga kerja saat ini telah berubah.

Organisasi pada industri di era masa lalu, lebih merupakan konfigurasi hierarki formal yang memberi peran khusus pada para tenaga kerja (buruh). Sebagaimana pernah dirumuskan oleh Henry Fayol (1841- 1925) kedalam empat belas prinsip kerja, yakni pembagian kerja (division of work), hak memberikan perintah (autority), disiplin, kesatuan komando (unity of command), kesatuan arah (unity of direction), subordinasi kepentingan, remunerasi, sentralisasi, rantai kewenangan, penempatan orang dengan tepat (the right man on the right place), perlakuan yang adil untuk semua pekerja (equity), stabilitas kerja, inisiatif dan esprit de corps.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close