People Innovation Excellence

Peran Baru Manajemen di Era Industri Moderen [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagian dari prinsip-prinsip kerja tersebut di atas, telah diserap ke dalam organisasi gaya baru atau moderen, namun bagaimanapun model Henry Fayol ini tidak dirancang untuk mengatasi kondisi perubahan yang cepat dan isu-isu partisipasi para pekerja dalam proses pengambilan keputusan organisasi, sebagaimana terjadi di awal abad ke-21 ini. Henry Fayol juga kurang menaruh perhatian terhadap isu-isu seperti individu versus kepentingan publik, maka teori Henry Fayol ini lebih bersifat paternalistik yang berpusat pada majikan (ordinasi).

Organisasi demikian lebih menempatkan suatu kekuasaan berada ditangan seorang manajer, yang memerintah para pekerja melalui fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian, sehingga sering dinamai sebagai manajemen top-down. Organisasi demikian sering dilihat sebagai bangun struktur hirarki piramidal dengan sejumlah fungsi (tugas, wewenang dan tanggung jawab) yang relatif spesifik. Berbeda dengan manajemen masa kini atau moderen yang tidak lagi melihat organisasi sebagai perpanjangan tangan seorang manajer. Dewasa ini para pekerja ternyata mampu mengelola pekerjaan mereka sendiri, sehingga banyak waktu dan kegiatan yang kurang memerlukan peran manajerial formal lagi dalam mengelola sejumlah pekerjaan. Itulah sebabnya mengapa pada saat ini, peran manajer, yang berbeda dari fungsi manajemen, telah menjadi urusan semua orang. Dalam skala nasional misalnya, dari hikmah peristiwa pelantikan presiden/wakil presiden RI kemarin, negara sepertinya telah menjadi “urusan” atau partisipasi semua elemen masyarakat atau bangsa.

Oleh karena itu wajar bila timbul kesan bahwa peran manajer dewasa ini hanyaberkenaan dengan aplikasi aspek tertentu saja dari sisi fungsi-fungsi manajemen, dan bukanlah cerita tentang keseluruhan dari manajemen organisasional. Istilah pengendalian atau pengawasan misalnya, sering memiliki konotasi negatif dikalangan para pekerja, karena dianggap sebagai faktor pembatas, yang identik dengan mengekang kemampuan kreatif dan inovatif para pekerja. Dalam alam moderen saat ini – terutama dalam organisasi pasca-industri – semua para pekerja perlu terlibat dalam manajemen organisasi. Suatu self-managing team telah menciptakan suatu sistem yang cukup kompleks untuk membantu mengelola pekerjaan secara mandiri, dengan ukuran kinerja yang tepat dan secara terbuka dapat diakses oleh semua anggota tim kerja. Adakalanya para pekerja tidak perlu diberitahu lagi tentang apa yang seharusnya dilakukan, terutama karena para pekerja justru lebih banyak tahu tentang pekerjaan ketimbang para manajer mereka. Memasuki era manajemen abad ke-21 ini, kita dapat melihat manajemen sebagai suatu proses yang dapat dipimpin oleh semua para pekerja, dan tidak hanya dipimpin oleh seorang manajer semata. Tentu saja perlu diteliti, apakah perubahan tersebut juga berkorelasi dengan pergeseran demokratisasi pada masyarakat yang semakin menuntut partisipasi publik, dimana kekuasan menyebar tidak hanya pada institusi formal semata, melainkan juga berada dalam kendali masyarakat atau publik. Hal ini juga terlihat dengan jelas bagaimana masyarakat atau publik merespon terhadap perubahan UU pemilihan kepala daerah, dari yang tadinya dilaksanakan secara langsung, dan diubah kembali ke cara tidak langsung, yang menimbulkan kontroversi baik dikalangan pemerintahan, politikus maupun masyarakat atau publik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close