People Innovation Excellence

Peran Baru Manajemen di Era Industri Moderen [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu cara untuk mencapai tujuan secara terorganisir dengan metode terbaik. Menetapkan prioritas dalam konteks ini menjadi sangat penting, terutama tentang apa yang menjadi tugas paling mendesak, kritikal dan relevan. Oleh karena itu, manajemen seperti halnya juga investasi, adalah proses mengalokasikan sumber daya untuk mendapatkan keuntungan terbaik, meskipun jika sumber daya tersebut hanya terdiri dari waktu, pengetahuan dan pengalaman ansich. Artinya, sangat mungkin bagi semua para pekerja untuk mengelola waktu dan sumber informasi mereka sendiri tanpa harus menempati peran manajerial formal dan tanpa harus mengelola sejumlah bawahan.

Sebaliknya dengan kompleksitas yang terjadi saat ini telah membuat peran manajemen justeru semakin penting. Para pekerja atau tim kerja yang kita kelola saat in adalah para pekerja berpengetahuan, sehingga peran para manajer perlu berubah. Mungkin kita perlu untuk memisahkan pengertian antara manajemen dan manajer, yang selama ini kita perlakukan sebagai suatu hal yang satu dan sama. Meskipun sempat muncul teori keos (chaos theory) dalam manajemen, sebagaimana gambaran dunia yang terjadi saat ini. Namun selama beberapa dekade terakhir, para manajer telah kembali percaya diri bahwa apapun peristiwa organisasi terjadi akan selalu dapat dikendalikan. Para penganut teori keos, mengakui bahwa memang hanya sejumlah peristiwa saja yang sulit dikendalikan. Banyak para ahli teori keos – sebagaimana halnya juga para ahli teori sistem – telah mengacu pada sistem biologis ketika hendak menjelaskan teori mereka. Para ahli tersebut menjelaskan bahwa terdapat sistem alami yang dapat beradaptasi terhadap beban kompleksitas yang berlebih tersebut. Adakalanya suatu sistem menjadi rentan dan tidak stabil, sehingga harus mengeluarkan lebih banyak energi untuk mempertahankan diri dari beban kompleksitas. Ketika mereka mengeluarkan lebih banyak energi, mereka dapat mencari struktur baru untuk menemukan stabilitas baru, dan demikian seterusnya. Tren siklus perubahan semacam ini juga banyak terlihat dalam tren kehidupan dunia pada umumnya, baik dalam dunia organisasi maupun dunia lain pada umumnya.

Julian Birkinshaw, mendefinisikan manajemen sebagai “tindakan yang membuat orang bersama-sama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan”, yakni suatu referensi tentang peran manajer, dan agak mengesampingkan peran manajemen, mengingat adanya pengelolaan dana dan/atau sumber daya non-manusia lainnya. Organisasi berevolusi untuk memenuhi tantangan baru, sehingga manajemen pun perlu didefinisikan kembali sesuai dengan tuntutan zaman. Gaya manajemen era industri atau gaya lama ini digambarkan dalam metafora bahwa organisasi adalah “orang”, yakni terdiri dari “kepala” untuk berpikir, dan “tangan” untuk bekerja. Bukan suatu hal kebetulan jika para pekerja pada waktu itu disebut sebagai “tangan sewaan (hired hands)”. Implikasi dari metafora ini adalah bahwa para manajer melakukan semuanya, baik berfikir maupun kerja tangan untuk melakukan pekerjaan. Sementara para pekerja dipandang sebagai “perpanjangan tangan” yang digerakkan oleh “remote” pemikiran jarak jauh, meskipun hal ini tidak berlangsung terus-menerus, terutama setelah memasuki era pemberdayaan dan partisipasi para pekerja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close