People Innovation Excellence

Peran Baru Manajemen di Era Industri Moderen [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para manajer moderen akan lebih melibatkan para pekerja dalam pengambilan keputusan, dimana para pekerja bukanlah hanya perpanjangan tangan majikan semata, sebagaimana terjadi di organisasi era industri gaya lama. Peran manajer saat ini dapat digambarkan oleh empat analogi, dimana para manajer hari ini perlu berperilaku baik sebagai wirausaha, investor, pelanggan, pelatih maupun mitra kerja. Dalam arti, para manajer mengemban sejumlah atribut sebagai wirausaha, investor, pelanggan, pelatih, dan mitra kerja serta tidak identik dengan salah satu dari kelima atribut tersebut. Sebagai wirausahawan seorang manajer perlu melakukan terobosan dalam menemukan sejumlah ide dan kreasi yang dapat melahirkan karya inovatif. Sebagai investor, seorang manajer dapat mengalokasikan dan merelokasikan sumber daya untuk mendapatkan keuntungan terbaik sebagaimana halnya seorang investor. Produktivitas seorang manajer didasarkan pada seberapa baik mereka dapat menggunakan sumber daya yang ada (manusia, alam dan buatan manusia). Namun demikian, para manajer akan berbeda dari para investor, yakni alokasi apapun yang akan mereka lakukan perlu dinegosiasikan dan mereka tidak dapat mengambil keputusan secara sepihak sebagaimana lazimnya kebebasan seorang investor dalam menggunakan uang atau dananya. Para pekerja dapat diposisikan sebagai “pelanggan internal”, dan dalam hubungan ini, para pekerja dapat lebih proaktif dan mampu mengidentifikasi kebutuhan dan/atau keinginan para manajer. Para pekerja yang cerdik biasanya mampu melihat kebutuhan dan/atau keinginan yang terabaikan oleh para manajer mereka. Dengan demikian, dapat terjalin Interaksi yang melibatkan komunikasi dan negosiasi dua arah, dan tidaklah searah sebagaimana komunikasi yang berlangsung dalam hirarki top-down. Para pekerja yang aktif mungkin dapat merancang pelayanan baru untuk “dijual” kepada para manajer mereka sebagai cara untuk menaikkan karir mereka. Para pekerja dapat menyarankan cara-cara yang lebih baik dalam mengelola berbagai unit bisnis dan menawarkan diri untuk mengerjakannya, sehingga mengubah peran mereka menjadi sesuatu yang baru. Dengan memikirkan diri mereka sendiri sebagai operator dari sebuah mata-rantai bisnis, sekaligus melayani atasan mereka sebagai pelanggan, maka para pekerja menjadi lebih berdayaguna dalam mengelola karir mereka sendiri.

Para pegolf profesional misalnya, memiliki pelatih dan manajer. Manajer akan membantu dalam menangani masalah bisnis pegolf, baik yang berkenaan dengan sponsor maupun pengaturan perjalanan mereka. Tentu saja para manajer ini tidak bisa memecat pegolf profesional tersebut, karena seorang manajer dalam konteks ini adalah sebagai fasilitator, koordinator dan penasehat, tanpa kekuasaan untuk mengarahkan atau mengendalikan sang pegolf. Agaknya peran para manajer bisnis moderen tengah bergerak ke arah ini, meskipun masih terbuka peluang bagi mereka untuk memecat para pekerjanya. Namun, ketika kahlian menjadi langka, dan bakat menjadi mahal, maka para manajer tidaklah mudah memecat seseorang pekerja tanpa hati-hati, menimbang segala konsekuensinya, apalagi adanya besaran pesangon yang perlu diberikan yang penentuannya tidak bisa dilakukan secara sepihak. Bagaimanapun juga, para manajer moderen akan dituntut untuk lebih melakukan pembinaan ketimbang mengarahkan, sehingga mereka lebih dituntut berperilaku sebagaimana layaknya para pelatih olah raga ketimbang berperilaku sebagaimana manajer di organisasi era industri gaya lama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close