People Innovation Excellence

Peran Baru Manajemen di Era Industri Moderen [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Begitu pula kekuatan, pengetahuan dan kompetensi para pekerja terus tumbuh dengan pesat, sehingga posisi mereka akan lebih berperan sebagai mitra kerja ketimbang sebagai “tangan atau tenaga sewaan” belaka dari organisasi bisnisnya. Organisasi Toyota dan organisasi bisnis lainnya tengah menjalin kemitraan dengan pemasok eksternal, sekaligus juga dengan para pekerja sebagai pemasok internal yang juga berperan sebagai mitra kerja. Pada era industri ini, para manajer diarahkan untuk mengendalikan para pekerja sebagai “perpanjangan tangannya”. Para manajer moderen akan membawa orang-orang yang tepat secara bersama-sama, dan melibatkan mereka dalam pengkoordinasian, pengintegrasian, perencanaan dan eksekusi. Sebagaimana halnya para pelanggan, mereka juga akan memantau perkembangan proyek bisnis, meskipun mereka mungkin akan lebih suka mendengarkan ketimbang memberikan arahan. Dalam konteks ini, tindakan pengendalian dialihkan pada fungsi pelatihan, fasilitasi, memelihara dan mengembangkan. Fungsi manajerial konvensional, seperti halnya fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian menjadi suatu aktivitas partisipatif bersama, dimana aspek pendelegasian wewenang pun akan tergantung pada konteks permasalahan yang tengah dihadapinya. Peran manajemen akan lebih menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan dan/atau keinginan saat ini ketimbang mengembangkan prasangka – sebagaimana teori X dan teori Y – tentang tabiat manusia dalam manajemen organisasional di era industri yang mulai usang ini.

Sebagaimana halnya para pelanggan dan investor, para manajer memiliki hak untuk memutuskan seberapa banyak akan berinvestasi dan seberapa banyak akan menggunakan sumber daya yang berbeda. Namun para manajer tidak dapat lagi “mendikte” agar para pekerja berpengetahuan bersedia menuai keuntungan dari potensi penuh mereka. Pada saat ini para manajer perlu bertanya dengan kalimat yang setara, misalnya “bagaimana menurutmu?” ketimbang memberi suatu perintah. Daripada membuat semua keputusan sendirian, para manajer perlu melibatkan para pekerja dengan mengajukan sejumlah pertanyaan untuk mendapatkan solusi dan/atau resolusi dari mereka. Dalam skala nasional, baru-baru ini, kita dapat mengambil perumpamaan tentang bagaimana presiden terpilih Jokowi dalam menyusun kabinetnya, langsung atau tidak langsung telah melibatkan masyarakat, pers, KPK dan PPATK serta DPR untuk menghasilkan suatu keputusan bersama yang tepat tentang susunan kabinet kerjanya. Perubahan gaya pengambilan keputusan, bagaimanapun, bukan hanya taktik untuk melibatkan partisipasi orang lain secara lebih mendalam. Namun kita perlu mengakui secara jujur akan adanya suatu fakta bahwa para pekerja dan/atau masyarakat memang lebih tahu banyak dibandingkan dengan para pengambil keputusan itu sendiri.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close