People Innovation Excellence

Peran Baru Manajemen di Era Industri Moderen [Bagian 8/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kita semua perlu menjadi pemimpin sekaligus manajer. Kita perlu memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui ide-ide, kata-kata, dan tindakan kita, sekaligus memperoleh dukungan pekerjaan dari orang lain untuk kegiatan organisasional dalam pekerjaan sehari-hari kita. Sebagaimana telah diungkap dalam tulisan-tulisan yang telah lalu, bahwa mungkin hukum dasar perilaku manusia relatif tidak akan berubah. Namun praktik manajemen sangat tergantung pada konteks yang tengah dihadapi, dan sebagaimana fitrahnya organisasi bisnis berkembang, maka demikian juga halnya dengan manajemen.

Last but not least, sebagian besar organisasi bisnis telah memiliki pendekatan implisit untuk mendefinisikan model manajamen organisasi mereka, apakah model tersebut didapat dari pengalaman atau dari apa yang telah mereka warisi, atau bisa juga berdasar dari yang mereka pernah lihat di organisasi bisnis lain. Hal terpenting adalah bahwa kita perlu melihat kesemuanya dengan lebih kritikal dan jernih tentang pilihan-pilihan, paling tidak dengan melibatkan empat langkah berikut ini, yakni:

  1. Memahami: Kita perlu mengenali dan memahami secara eksplisit tentang prinsip-prinsip manajemen yang kita gunakan untuk menjalankan organisasi bisnis kita. Mungkin prinsip-prinsip tersebut bersifat kasat mata, dan mengendap pada tingkat bawah sadar kita, namun hal tersebut sering mendorong proses dan praktik manajemen yang kita lakukan sehari-hari;
  2. Mengevaluasi: Kita perlu menilai apakah prinsip-prinsip manajemen pada organisasi bisinis kita benar-benar cocok bagi lingkungan bisnis dimana kita bekerja. Terdapat risiko yang terkait dengan prinsip-prinsip apa pun yang kita gunakan, sehingga kita perlu memahami kelemahan dan kelebihan dari masing-masing pilihan dengan bijak;
  3. Merenungkan: Kita perlu mencari cara-cara kerja baru, dengan melihat contoh-contoh dari sejumlah sektor industri yang berbeda dan dalam konteks baru; dan
  4. Bereksperimen: Kita perlu mencoba praktik-praktik baru dengan risiko rendah untuk melihat bagaimana cara baru tersebut bekerja.

Akhirnya, kita dapat belajar dari begitu banyak pengalaman yang dapat dipetik dari kesalahan yang dibuat oleh sejumlah organisasi bisnis yang bermasalah. Sedangkan pilihan yang tepat sepenuhnya tergantung pada keadaan khusus dan peluang yang dihadapi oleh organisasi bisnis kita, sekaligus kesediaan untuk bereksperimen tentang cara-cara kerja baru.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close