People Innovation Excellence

Spiritualitas Dalam Bisnis dan Manajemen [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

SPIRITUALITAS DALAM BISNIS DAN MANAJEMEN
Pesan ulang tahun penulis:
“Perayaan ulang tahun, berarti juga melakukan kajian ulang tentang jati diri kita sebagai manusia, dalam semua aspek, peran dan dinamika kehidupan,
sehingga kita tetap tak tergoyahkan sebagai pribadi yang unik dan otentik”
Spiritual manajemen agaknya merupakan konsep yang relatif baru, meskipun akarnya dapat ditelusuri sampai ke awal peradaban manusia. Bahkan di Indonesia pun sempat ada yang mempopulerkan “manajemen kolbu”, yang pada awalnya indah diucapkan namun – seperti biasa – pada akhirnya kedodoran dalam mempraktikkan. Dalam dunia baru, ketika manajemen memiliki citra yang lebih luas, telah berkembang begitu banyak orang menambahkan bumbu dan aroma pada isltilah manajemen, termasuk spiritual manajemen yang memiliki arti khusus. Sejumlah orang yang telah menerapkan prinsip-prinsip spiritual kedalam manajemen merasa bahwa pilihan mereka merupakan sesuatu yang istimewa, dan bahwa mereka memiliki beberapa manfaat khusus dari spiritual manajemen sekaligus dapat menciptakan budaya khusus, etos kerja dan etika bisnis, yang telah menggugah minat para pekerja. Spiritual manajemen pada dasarnya berhubungan erat dengan aspek kemanusiaan dari para pekerja diluar hubungan formal organisasional. Dengan kata lain, meskipun hubungan formal harus dipertahankan, akan tetapi pada saat yang sama, faktor hubungan antara sesama manusia tidak boleh diabaikan. Mereka yang didera oleh padatnya pekerjaan pada suatu saat akan membutuhkan udara segar, dan spiritual manajemen adalah penawar dahaganya. Sebagaimana hampir pada semua teori dan praktik manajemen, baik klasik maupun kontemporer, maka spiritual manajemen pun menemukan momentumnya, dimana semakin banyak organisasi yang merasakan manfaatnya. Bahkan mulai dari organisasi berskala besar sampai ke rumah produksi berskala kecil telah memanfaatkan spiritual manajemen. Mereka yang memanfaatkan spiritual manajemen menjadi lebih peduli dengan kebutuhan sesama para pekerja termasuk yang berkenaan dengan masalah keluarga atau rumah tangga mereka.
Pada sejumlah organisasi di Indonesia, sudah banyak pimpinan yang menanamkan tradisi, sebelum memulai bekerja memanjatkan doa syukur bersama terlebih dahulu memohon kasih sayang dan karunia Tuhan untuk keselamatan dan kesuksesan para pekerja, baik bagi individual pekerja maupun bagi organisasi secara keseluruhan. Pada gilirannya mereka juga cenderung akan membawa prinsp-prinsip
etika dan kode etik spiritual kedalam budaya kerja mereka. Misalnya mereka menjadi terbiasa mengutip teks-teks spiritual dalam setiap kesempatan rapat atau pertemuan dan mempertahankannya menjadi semacam skenario otoritatif. Mereka juga cenderung mengurangi berbagai hingar-bingar perayaan keberhasilan yang bersifat tepuk dada, dengan beralih pada sejumlah kegiatan sosial yang berorientasi pada pemberian pelayanan sosial dan informasi yang berharga dan dibutuhkan oleh masyarakat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close