People Innovation Excellence

Spiritualitas Dalam Bisnis dan Manajemen [Bagian 6/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ketika kita berbicara tentang kehidupan manusia yang dinamik dan terus-menerus mengalami transformasi, maka masuk akal jika kita tertantang menemukan metodologi yang dinamik dan bersifat transformasional pula. Terdapat konsep beserta teori bisnis dan manajemen perubahan yang berurusan dengan “gejala” perubahan, sehingga reaksi manusia juga dilihat dari indikator perubahan. Sementara spiritualitas meminta kita untuk “mencari tahu” apa yang terjadi di dalam diri kita. Terdapat suatu fakta bahwa kita mengalami proses perubahan yang terjadi terus-menerus dalam diri kita tetapi kita jarang menyadarinya. Spiritualitas, dalam pandangan kita adalah sebuah metode untuk mengungkap kesadaran diri dan realisasi diri. Tidak peduli apa yang dipercaya oleh sejumlah orang atau apa jalan yang mereka ambil, yang penting hal ini adalah tentang mengetahui diri pribadi. Jika kita bisa membiasakan diri mengamati bagaimana pengalaman kita sehari-hari dapat mengubah diri pribadi kita, maka kesadaran tersebut akan bersifat asli, unik dan muncul otentik dari tangan pertama. Demikian juga, jika lingkungan organisasi dapat menyediakan ruang yang memungkinkan setiap orang melakukan suatu transformasi dalam lingkup pribadi, tujuan dan sumber daya, maka kita akan memiliki kesempatan untuk benar-benar memanfaatkan potensi manusia dan meningkatkan pengetahuan kita tentang dinamika kehidupan manusia. Pencapaian terhadap kesadaran inilah adalah merupakan langkah berikutnya, namun perlu tercipta kerangka kerja yang dapat diterima sebagai landasan bagi penelitian dan aplikasi di bidang disiplin ilmu bisnis dan manajemen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close