People Innovation Excellence

Filsafat Para Manajer [Bagian 4/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam suatu pertemuan filosofis, para manajer perlu menumbuhkan perasaan dan pikiran-pikiran yang nyata dan lebih sensitif, memiliki kehalusan dan sekaligus kekuatan, yang beriringan dengan emosi yang menyertainya, juga sejalan dengan inspirasi yang diberikan oleh para filsuf tersebut. Filosofi para manajer ditujukan pada keprihatinan situasional, kehidupan se hari-hari, dan kondisi lingkungan yang berkaitan dengan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan para manajer. Mereka akan meneruskan apa yang berhasil, memperbaiki apa yang gagal, dan memahami konteks keseluruhan secara relevan tentang apa yang harus dikerjakan, dengan menumbuhkan aspirasi dasar pola pikir manajerial kreatif beserta pedoman operasional tentang apa yang dimaksud dengan filsafat bagi para manajer. Cita-cita dasar dari filsafat klasik tentang kehidupan yang baik perlu dikombinasikan dengan orientasi dan harapan baru yang terus
meningkat, melalui pendekatan yang bertanggung jawab, proses yang sadar, serta antusiasme untuk berkontribusi.
Gerakan pemikiran dapat muncul oleh dorongan saat-saat pertemuan, diisi dengan energi emosional (Randall Collins), dalam proses menciptakan kehidupan bersama yang lebih baik dan dengan semangat Bergsonian dalam sistem yang saling mengisi dan berkembang yang tumbuh di ruang filsafat. Hal ini berarti bahwa ketika semua dikatakan dan dilakukan, maka jangkar filsafat adalah kebebasan ideal untuk terjadinya dialog diskursif. Kemanusiaan melibatkan tanggung jawab untuk berpikir tentang diri sendiri, dan dari dalam diri sendiri, namun dengan sensitivitas untuk keseluruhan. Sensitivitas adalah panggilan kebebasan, yang melekat pada sikap filosofi, etik dan kebajikan, seperti yang ditekankan oleh Pico, Kant, John Stuart Mill, Sartre, Popper, Isaiah Berlin, dan para filsuf besar lainnya. Dengan kata lain, filsafat bagi para manajer adalah hasil perasan, pikiran dari orang-orang yang berlaga di medan perang pemikiran yang penuh risiko, yang kadangkala manfaatnya jarang langsung dirasakan, namun berbagai dilema tentang “takdir” dan martabat bisa diputuskan. Tugas filsafat bagi para manajer adalah untuk menyoroti pilihan tentang kebebasan sepenuhnya, pilihan yang menghantui kita, baik dari dalam maupun dari luar, di masa lalu dan di masa depan, tentang bagaimana kita menjalani hidup yang lebih baik dari sekarang?
Metode dan teori datang dan pergi silih berganti, namun relevansi filsafat tetap berlaku, bahwa filosofi bagi para manajer perlu diakui sedari awal. Salah satu tantangan yang paling mendesak dalam urusan praktik para manajer adalah kurangnya pembahasan multidimensi yang intens terhadap ambiguitas lingkungan hidup saat ini dan lingkungan hidup yang akan datang. Kita dikelilingi oleh kompleksitas, yang kita sendiri berada diantaranya. Tindakan dan kegiatan para manajer memiliki konsekuensi yang luas ke depan yang kadang-kadang mengejutkan. Sistem kompleksitas yang dibangun oleh manusia bersama-sama dengan sistem nilai yang alami, membutuhkan pemikiran dan evaluasi ulang untuk memberikan sumbangsih bagi peningkatan kehidupan. Sebagai pemenang nobel, Murray Gell-Mann mengatakan, “tugas integrasi kurang dihormati”, namun yang dibutuhkan adalah berfikir sistemik berkelanjutan dengan cara berfikir yang beralasan dan bertanggung jawab dengan dimensi waktu jangka panjang. Keterampilan kehidupan berubah dengan cepat dan lingkungan yang kompleks menyembunyikan praktik yang merusak pada saat ini.
Pencapaian Kemajuan dapat diperkuat, dipelihara, diperkaya dan disegarkan melalui metode intelektual dan filosofis yang multidisiplin dan multi-terampil. Kita dilahirkan sebagai individu, namun diserahkan ke tangan orang lain, di tengah-tengah orang lain sebagai keniscayaan. Penelitian terbaru dalam berbagai ilmu telah mengalami berbagai koreksi, dan buahnya adalah filsafat bagi para manajer yang perlu dimanfaatkan. Oleh karena itu, filsafat bagi para manajer berarti melengkapi intelektualisme murni.
Hidup merupakan suatu sistem yang melibatkan koneksi ke dan dari, serta melibatkan fenomena makro dan mikro, yang berjalan seiring dengan struktur permukaan dan struktur batin manusia, dan kesemuanya berdenyut menyampaikan pesan mereka sendiri. Tantangan bagi para manajer adalah untuk hidup cerdas, bijaksana, produktif, dengan kehati-hatian sekaligus keberanian, sebagai bagian dari sistem yang terpadu dengan dimensi eksternal. Hidup dengan filosofi adalah hidup dengan nafas dan wawasan kecerdasan, yang selaras dengan apa yang muncul di sekitar kita, dalam rangka memperkuat dan memelihara diri menuju kehidupan yang lebih baik dan menuju masyarakat yang lebih bertanggung jawab. Disamping memiliki sistem dan model pemikiran yang mumpuni, para manajer perlu memiliki kemampuan praktik untuk beroperasi di berbagai sistem kehidupan, dan bahkan tanpa model sekalipun. Filsafat untuk para manajer adalah filosofi kehidupan, yang secara situasional sangat penting dan manusiawi bagi para manajer itu sendiri untuk memanfaatkannya, khususnya ketika mereka membutuhkan pemahaman terhadap keseluruhan kehidupan dan terlibat dalam kegiatan lingkungan yang kompleks.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close