People Innovation Excellence

Kebijakan Bisnis [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebijakan bisnis adalah pedoman yang dikembangkan oleh suatu organisasi untuk mengatur tindakan-tindakan bisnis, dengan mendefinisikan batas-batas dimana keputusan bisnis harus dibuat. Kebijakan bisnis juga berkaitan dengan akuisisi sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Begitu pula halnya, kebijakan bisnis mendefinisikan ruang lingkup atau bidang dimana suatu keputusan dapat diambil juga oleh para bawahan dalam suatu organisasi. Atau dengan kata lain, suatu pedoman yang memungkinkan manajemen pada tingkatan yang lebih rendah (bawahan) dapat menangani sejumlah isu dan fenomena relevan tanpa harus selalu berkonsultasi dengan manajemen pada tingkatan yang lebih atas dalam setiap kali pengambilan keputusan. Kebijakan bisnis juga berbicara tentang peran, fungsi, wewenang dan tanggung jawab dari jajaran manajemen tingkat atas dalam menanggapi sejumlah isu dan fenomena signifikan yang mempengaruhi keputusan dan keberhasilan suatu organisasi dalam jangka panjang.
Suatu kebijakan bisnis yang efektif perlu memiliki sejumlah fitur yang spesifik dan jelas, sehingga tidak menyulitkan dalam implementasinya, yakni: Hindari penggunaan jargon dan konotasi kata yang hanya akan mengundang kesalahpahaman interpretasi terhadap kebijakan tersebut. Dengan kata lain, suatu kebijakan perlu difahami secara sama dan seragam sehingga dapat dikuti secara efisien dan efektif oleh para pekerja; Kebijakan perlu dibuat sesederhana mungkin, sehingga mudah dipahami oleh semua orang di dalam organisasi; Kebijakan perlu dibuat lengkap dan memiliki cakupan yang luas (inklusif dan komprehensif); Suatu kebijakan harus dapat diterjemahkan secara fleksibel kedalam langkah operasional dan aplikatif. Hal ini tidak berarti bahwa suatu kebijakan bisa gampang diubah, melainkan bahwa suatu kebijakan perlu memiliki ruang lingkup yang luas, sehingga memberikan kepastian pada para manajer lini untuk menggunakannya dalam skenario berulang pada kegiatan rutin organisasi; dan Suatu kebijakan harus bersifat stabil, sehingga tidak menyebabkan keraguan dan ketidakpastian dalam pikiran para pekerja yang akan mengikutinya sebagai pedoman dan panduan.
Tentu saja, pengertian “kebijakan” tidak boleh diartikan secara sinonim dengan “strategi”. Untuk itu, sebelum masuk kedalam pembahasan yang lebih jauh, perlu dibedakan terlebih dahulu antara pengertian “kebijakan” dan “strategi”, yang dapat kita ringkas sebagai berikut, yakni:
Kebijakan adalah “cetak biru” dari kegiatan organisasional yang relatif berulang dan rutin. Sementara strategi berkaitan dengan keputusan-keputusan organisasional yang belum ditangani atau dihadapi sebelumnya; Formulasi kebijakan adalah tanggung jawab manajemen tingkat atas. Sementara perumusan strategi pada dasarnya dilakukan oleh manajemen tingkat menengah ke atas; Formulasi kebijakan penting sebagai pedoman kegiatan rutin sehari-hari untuk menjalankan roda organisasi secara efektif dan efisien. Sementara formulasi strategi diperuntukkan untuk keperluan keputusan-keputusan strategik; Suatu kebijakan berkaitan dengan dua aspek, baik pikiran maupun tindakan. Sementara strategi sebagian besar lebih berkaitan dengan aspek tindakan; dan Suatu kebijakan adalah apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Sementara strategi adalah metodologi yang digunakan untuk mencapai tujuan atau target seperti yang telah ditetapkan oleh suatu kebijakan.
Dengan demikian, kebijakan bisnis mengacu pada peran, fungsi, wewenang dan tanggung jawab manajemen tingkat atas, terutama dalam mengatasi isu dan fenomena penting yang dapat mempengaruhi keputusan dan kinerja organisasi dalam jangka panjang. Strategi organisasi adalah strategi yang dikembangkan dan diimplementasikan untuk tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu kebijakan bisnis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close