People Innovation Excellence

Kebijakan Bisnis [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Secara fundamental adalah penting bagi organisasi untuk mengembangkan suatu kebijakan. Sebuah organisasi tanpa kebijakan sama dengan organisasi tanpa kendali. Jika tidak ada kebijakan yang terdokumentasikan secara formal, maka personil organisasi di tingkat manapun tidak akan memiliki petunjuk tentang bagaimana membuat suatu keputusan. Bayangkan jika kita membeli suatu barang, ternyata barang tersebut rusak. Tentunya kita ingin mengembalikan barang tersebut ke toko tempat kita membeli barang tersebut. Jika toko tidak memiliki kebijakan pengembalian uang dan barang yang rusak, maka sama saja kita tengah mengalami hari-hari yang buruk. Artinya, tiadanya suatu kebijakan dapat menyebabkan inkonsistensi pengambilan keputusan.
Dari sudut pandang kepentingan bisnis, adanya suatu kebijakan benar-benar berguna dan diperlukan. Para manajer tidak bisa hadir setiap saat untuk memastikan bahwa staf mereka telah melaksanakan tugas-tugas mereka dengan benar dan bertanggung jawab. Sebaliknya para manajer akan mengembangkan dan mengkomunikasikan kebijakan, dan meminta staf mereka untuk membaca dan mematuhinya. Oleh karena itu, suatu kebijakan dapat
membantu mengurangi jumlah pengawasan langsung oleh manajer, dan pada saat yang sama meningkatkan efisiensi proses kerja.
Tentu saja tidak semua orang mengerti mengapa suatu kebijakan dibuat. Sejumlah orang mungkin melihat kebijakan hanyalah sebagai keangkuhan birokrasi. Namun harus diakui, bahwa pada kenyataannya, keberadaan kebijakan dapat memberikan banyak manfaat asalkan mereka ditulis dengan baik dan selalu up to date. Adapun sejumlah manfaat dari kebijakan formal meliputi, yakni: Membantu staf untuk membuat keputusan yang lebih efisien; Memberikan instruksi tentang bagaimana sejumlah tugas dilakukan; Menciptakan kepercayaan diri dan mengurangi bias dalam pengambilan keputusan; Melindungi staf dari tindakan yang dapat membahayakan pekerjaan mereka; Melindungi staf dari tindakan yang dapat membahayakan keselamatan diri mereka sendiri dan orang lain; Membantu staf untuk melakukan tindakan dan mengambil tanggung jawab tanpa selalu memerlukan referensi dari manajemen; dan Meningkatkan akuntabilitas organisasi bisnis.
Dengan demikian, penciptaan kebijakan sebetulnya merupakan bukti yang baik dari adanya manajemen proaktif yang berpikiran maju. Disamping itu, peran suatu kebijakan dalam suatu organisasi adalah untuk: Memberikan bimbingan umum tentang visi dan misi organisasi; Memberikan bimbingan khusus tentang bagaimana menerapkan strategi untuk mencapai visi dan misi organisasi; dan Menyediakan mekanisme untuk mengendalikan perilaku organisasi.
Adapun contoh dari kebijakan adalah:
• Kebijakan yang membatasi para pelaku industri dimana organisasi akan beroperasi;
• Kebijakan tentang wilayah geografis di mana organisasi bisnis akan beroperasi;
• Kebijakan tentang sifat umum dari organisasi bisnis yang berorientasi pada laba (profit) atau nirlaba (non-profit); dan
• Kebijakan tentang afiliasi dengan organisasi lain, misalnya dengan lembaga pemerintahan maupun swasta;
Berikut adalah suatu contoh kebijakan yang dapat membimbing penerapan strategi untuk mencapai visi dan misi organisasi dalam bidang keolahragaan, yakni:
• Kebijakan pengembangan para atlet;
• Kebijakan untuk merekrut, melatih dan memanfaatkan para calon atlit;
• Kebijakan untuk mempekerjakan staf;
• Kebijakan untuk mempromosikan dan pementasan acara; dan
• Kebijakan tentang pengendalian praktik doping.
Disamping itu, terdapat kebijakan lainnya sebagai mekanisme untuk mengendalikan perilaku organisasi, misalnya:
• Kebijakan untuk penyertaan penyandang cacat;
• Kebijakan bagi peradilan atau sidang pelanggaran disiplin;
• Kebijakan yang mengatur pemilihan pengurus suatu organisasi; dan
• Kebijakan untuk menangani keluhan para stakeholders.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close