People Innovation Excellence

Kebijakan Bisnis [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Jika kita merasa bahwa waktu untuk proses konsultasi telah cukup, dan konsultasi dianggap sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah mempersiapkan rancangan kebijakan. Draft kebijakan yang sudah selesai harus diedarkan kepada para pemangku kepentingan kunci, dan bisa diterbitkan dalam suatu buletin dan situs web organisasi, guna dibahas dalam suatu forum atau pertemuan lebih lanjut. Dalam kesempatan ini, pendapat para pemangku kepentingan sangat berharga sebagai kata kunci, sekaligus memperjelas makna dan melakukan penyesuaian terhadap kebijakan sebelum dianggap final. Ketika koordinasi dari proses pengembangan kebijakan cukup memuaskan, dimana semua masalah dan kekhawatiran tentang kebijakan telah ditayangkan dan ditangani, maka tibalah gilirannya untuk menyelesaikan kebijakan tersebut. Suatu dokumen kebijakan akhir harus secara resmi diadopsi oleh manajemen (komite manajemen) organisasi.
Setelah dilakukan adopsi formal, maka seluruh kebijakan tersebut harus dikomunikasikan secara luas ke seluruh tingkatan organisasi dan para stakeholders. Demikian pula, seperangkat pelatihan mungkin perlu dilakukan guna memastikan bahwa seluruh orang dalam organisasi sepenuhnya menerima dan memahami informasi tentang kebijakan dan mampu mengimplemen-tasikannya. Suatu kebijakan akan gagal jika tidak dikomunikasikan dengan baik.
Pada akhirnya, implementasi dari suatu kebijakan harus dipantau dan mungkin masih memerlukan beberapa penyesuaian lebih lanjut. Dengan kata lain, perlu ditetapkan waktu atau tanggal kapan suatu kebijakan perlu ditinjau ulang, mungkin bisa ditetapkan dalam satu tahun sekali atau dalam interval setiap tiga tahun sekali dan hal ini tergantung dari sifat kebijakan itu sendiri.
Kita menetapkan kebijakan sebagai pijakan untuk dilakukannya suatu keputusan strategik bagi organisasi bisnis kita, disamping dipandu oleh visi, misi, tujuan dan sasaran, tentang ruang lingkup bisnis kita, sekaligus memanfaatkan sumber daya, atau leveraging dari sumber daya di seluruh organisasi, yang ditunjang oleh struktur, sistem, dan proses organisasi. Tidak ada suatu upaya strategikal tunggal terbaik, namun sejumlah upaya strategikal harus mampu menciptakan nilai tambah yang dapat dikembangkan berdasarkan konfigurasi yang berbeda dari berbagai komponen strategik organisasi. Upaya strategikal beserta sejumlah argumen teoretiknya telah berevolusi dari waktu ke waktu dalam menanggapi tekanan lingkungan eksternal maupun internal organisasi.
Kebijakan adalah mekanisme untuk mengendalikan perilaku organisasi dengan mengatur perilaku sejumlah orang yang bekerja dalam organisasi itu. Suatu kebijakan dibuat guna memastikan bahwa dalam situasi tertentu, para
pekerja akan berperilaku sesuai dengan tatanan (anjuran) yang telah dibuat dan mudah diprediksi, bagi kepentingan, keteraturan dan keseimbangan organisasi terbaik beserta para pekerja yang berada didalamnya. Tentu saja perlu ada alasan mengapa suatu kebijakan ada, artinya suatu kebijakan tidak dirumuskan kecuali dianggap perlu atau memiliki manfaat. Dengan kata lain, suatu kebijakan dibuat untuk suatu tujuan tertentu dan kebijakan tersebut sering dinyatakan sebagai “prinsip-prinsip yang mendasari” kegiatan organisasi. Contohnya, suatu prinsip guna mendukung kebijakan service quality yang dibuat untuk melindungi merek suatu produk tertentu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close