People Innovation Excellence

Kepemimpinan Inovatif Stratejikal [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam hal ini, para pakar telah melakukan perdebatan dan diskusi dalam rangka menetapkan ciri atau karakteristik kepemimpinan dari sudut pandang yang berbeda. Dengan demikian, terdapat sejumlah perbedaan pendapat dan pendekatan dalam menganalisis karakteristik kepemimpinan, namun
kesemuanya hampir sepakat bahwa para pemimpin harus memiliki sejumlah kualitas untuk menjadi pemimpin yang efektif. Disamping itu, para pakar juga berpendapat bahwa para pemimpin perlu memiliki pendekatan inovatif untuk mendorong terciptanya iklim dan budaya inovatif dalam organisasi yang dipimpinnya. Pertanyaannya kemudian adalah jenis inovasi apa yang layak dikembangkan bagi organisasi mereka? Menurut pandangan para pakar, bahwa pendekatan inovatif tersebut perlu ditopang oleh wawasan visioner dari para pemimpin. Artinya, suatu pendekatan inovatif semata tidaklah cukup, namun diperlukan pula visi pemimpin yang dapat memberikan arah dan motivasi untuk melangkah. Begitu pula visi semata tidaklah cukup bagi pengembangan dan keberlanjutan organisasi, maka selebihnya adalah bagaimana implementasinya (Jick, 2001). Adalah penting seorang pemimpin mampu menciptakan dan memiliki visi yang jelas, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana melakukan langkah-langkah untuk mencapai visi tersebut. Terdapat 5 (lima) kualitas umum yang perlu dimiliki oleh para pemimpin agar mereka dapat mewujudkan visi mereka, yakni:
a) Mampu merumuskan rencana dan/atau strategi untuk mencapai visi mereka;
b) Mampu mengkomunikasikan visi mereka dalam rangka mensosialisasikan perubahan dan memperluas dukungan;
c) Menselaraskan antara aspek manusia, dengan sistem pendukung dan visi organisasi untuk memberi keyakinan bahwa tidak akan ada rintangan prosedural dan struktural di tengah jalan dalam proses pencapaian visi tersebut. Begitu pula para pemimpin harus pandai menciptakan suatu suasana yang kondusif bagi para pekerja agar mereka dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan motivasi, sehingga suatu visi semakin mudah untuk diraih atau diwujudkan;
d) Mampu memberdayakan para pekerja agar tindakan mereka konsisten dengan visi yang telah dirumuskan, berpegang pada komitmen, dan membiarkan mereka bekerja dengan penuh percaya diri untuk menunjukkan output kerja yang maksimum guna mencapai tujuan organisasi; dan
e) Mampu memotivasi para pekerja agar mereka bekerja dengan menggunakan kemampuan maksimal untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam waktu tertentu.
Dengan demikian, visi yang baik dan pendekatan inovatif dapat mendorong para pemimpin bekerja lebih efektif dalam menjalankan roda organisasi dan sekaligus mampu mengatasi segala permasalahannya. Akan tetapi bukan itu semata, terdapat kualitas kepemimpinan lain yang dapat memainkan peran penting dalam menangani permasalahan organisasi. Dengan kata lain, terdapat kualifikasi penting lainnya dari faktor kepemimpinan yang
diperlukan, yaitu disamping berani mengambil keputusan besar, juga berani untuk memulai melakukan proses perubahan organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close