People Innovation Excellence

Kepemimpinan Inovatif Stratejikal [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Banyak pakar yang berpendapat tentang pentingnya perubahan organisasi. Sebagian dari mereka berpendapat bahwa hal tersebut baik untuk keberlangsungan dan sukses suatu bisnis, sebagian lagi menyatakan bahwa suatu perubahan dapat memberikan keunggulan kompetitif di arena pasar dewasa ini yang semakin intens dan tajam.
Organisasi adalah istilah yang relatif sangat luas dan longgar serta dapat digambarkan dalam berbagai bentuk dan cara. Secara tradisional suatu organisasi sengaja dirancang sebagai unit sosial yang terdiri dari tim kerja atau sekelompok orang yang bekerja sama secara relatif permanen bagi kepentingan bersama. Misalnya kegiatan manufaktur dan jasa dapat terwadahi dalam bentuk organisasi, yang memiliki tujuan yang jelas, yakni menciptakan nilai tambah, dan begitu pula halnya dengan bentuk organisasi lainnya, seperti sekolah, rumah sakit, mesjid, gereja, institusi militer, toko ritel, lembaga kepolisian, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Dengan demikian, suatu organisasi dapat berada di sektor publik atau swasta, dapat berserikat atau tidak, dapat melakukan aktivitas bisnis atau tidak. Jika saham mereka diperdagangkan kepada khalayak atau publik, maka biasanya seorang manajer senior bertanggung jawab kepada dewan direksi, dimana mereka mungkin tidak terlalu mengambil peran aktif tentang bagaimana organisasi beroperasi. Sementara para manajer senior mungkin tidak memiliki saham organisasi tersebut. Jika organisasi adalah milik swasta, maka organisasi bisa dijalankan oleh para pemilik atau melalui sistem keagenan (agency).
Organisasi merupakan kombinasi yang terdiri dari individu atau para manajer dengan tim kerja yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan proses dan teknologi yang berbeda dalam cara yang terstruktur. Atau pengaturan sosial sekelompok orang dengan cara formal untuk mencapai tujuan tertentu dan memiliki batas-batas yang didefinisikan dengan jelas (Senior & Fleming, 2006). Dengan demikian, organisasi dapat dipandang sebagai sekelompok orang, suatu tim kerja atau badan sosial yang terstruktur, yang bekerja sama untuk tugas umum dengan saling berbagi dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang diarahkan pada suatu tujuan.
Perubahan organisasi dapat diartikan pula bahwa suatu organisasi tengah mengalami suatu transformasi. Dengan kata lain, suatu perubahan organisasi merupakan serangkaian tindakan manajerial dan stratejikal yang menghasilkan pergeseran dalam arah dan/atau proses, yang berdampak pada cara kerja organisasi yang berbeda dari cara sebelumnya. Suatu perubahan organisasi mulai dibutuhkan ketika jajaran manajemen merasakan suatu ketidakpuasan terhadap situasi saat ini. Perubahan organisasi dapat direncanakan atau tidak
direncanakan, namun dalam kedua pilihan tersebut, suatu perubahan organisasi bisa dirasakan sangat penting dan perlu ditangani dengan seksama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close