People Innovation Excellence

Kepemimpinan Inovatif Stratejikal [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu proses perubahan adalah sangat menantang bagi organisasi dan dapat mengarahkan organisasi menuju jalan kesuksesan. Suatu proses perubahan akan membantu memenuhi kebutuhan masa depan dan mampu bersaing dengan pemain pasar lainnya dengan cara yang efektif. Para pakar juga menyoroti bahwa perubahan organisasi dapat melibatkan para pemimpin dengan keragaman dan situasi pasar yang kompleks (Ulrich, 1998). Terdapat berbagai jenis kekuatan yang berbeda yang dapat mempengaruhi organisasi untuk melakukan perubahan, dan kekuatan-kekuatan tersebut dapat menciptakan peningkatan efisiensi dan pelayanan yang lebih baik, sekaligus kekuatan yang mengarah pada suatu inovasi. Suatu perubahan organisasi yang direncanakan dengan baik dan dilakukan dengan cara yang terstruktur dapat mengarah pada perbaikan terus-menerus dan inovatif.
Dengan demikian, suatu proses perubahan organisasi harus dikelola untuk menjaga agar organisasi konsisten bergerak menuju tujuan, sasaran dan bahkan visi baru organisasi yang telah ditetapkan. Pada saat ini, sejumlah organisasi tengah menghadapi tekanan – baik tekanan internal maupun eksternal – yang membuat perubahan tak terelakkan. Akan selalu terjadi tekanan pada suatu organisasi untuk menyeimbangkan kekuatan-kekuatan ini (Senior & Fleming, 2006). Suatu tuntutan faktual adalah bagaimana mengelola harapan pelanggan, para pekerja dan manajemen, yang tentunya memerlukan perubahan untuk memenuhi harapan mereka tersebut. Sudah sering dibahas sebelumnya, bahwa perubahan organisasi diperlukan untuk bertahan dalam bisnis dalam era persaingan yang tajam dan tuntutan teknologi yang terus berubah dari tren global. Oleh karena itu, organisasi perlu merespon perubahan yang terjadi, tetap kompatibel serta memahami, mengadopsi dan menerapkan perubahan dengan tepat. Perubahan telah menjadi tuntutan zaman, dan
bahkan sebagai jalan sukses bisnis yang keberlanjutan. Dalam dunia yang berorientasi pada teknologi seperti saat ini, diperlukan pengembangan dan kesuksesan bisnis yang senantiasa berubah secara eksponensial. Organisasi perlu mengubah dan berinovasi dalam merespon perubahan lingkungan. Melalui inovasi suatu organisasi perlu mengidentifikasi cara-cara baru untuk menyediakan sumber daya kolektif bagi dilakukannya suatu inovasi (Vadim Koteliikov, 2004). Inovasi dalam kata-kata sederhana dapat didefinisikan sebagai perubahan dalam cara melakukan sesuatu, dalam rangka menciptakan hal-hal baru yang berguna (McKeown, 2008). Hal tersebut dapat dilihat dari sudut pandang perubahan dalam produk atau jasa yang melibatkan evolusi fitur, atau mengubah cara pandang baru “dalam melihat dunia”. Istilah inovasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, termasuk teknologi, ekonomi dan bisnis, lingkungan global sosial-budaya dan politik, pelanggan dan tren pasar, perilaku dan perubahan organisasi dan sejumlah pendekatan dimana fenomena inovasi dapat dilihat dari sudut pandang organisasi dalam perspektif yang berbeda (Fagerberg et al, 2004). Inovasi dapat disebut pula sebagai pertumbuhan dan peningkatan kinerja organisasi, yang dapat menyebabkan suatu organisasi bergerak menuju kesuksesan yang berkelanjutan. Sebagian lagi dari para pakar melihat perubahan organisasi sebagai penyebab inovasi organisasi yang berhasil meningkatkan tingkat kreativitas pribadi dari suatu organisasi, yang pada gilirannya memicu inovasi organisasi secara keseluruhan (Khazanchi dan Rothenberg, 2006).
Dalam laporan penelitiannya tentang “inovasi organisasi di belahan Uni Eropa”, Coriat (2000) menyimpulkan bahwa perubahan organisasi yang sukses dapat meningkatkan tingkat fleksibilitas dan kinerja organisasi, sehingga organisasi tersebut dapat melalukan inovasi dan perbaikan secara terus-menerus. Disamping itu, suatu organisasi yang berhasil dalam menjalani proses pembelajaran dari suatu perubahan, dapat menjadi suatu organisasi yang tanggap terhadap inovasi. Terdapat sejumlah faktor yang dapat dihubungkan dengan inovasi organisasi, dan hal tersebut akan menjadi petunjuk bahwa suatu inovasi organisasi tidak bisa diklaim sebagai hasil dari faktor tunggal semata. Dan memang pada kenyataannya, suatu inovasi dapat melibatkan kombinasi dari berbagai faktor yang dapat menjadi alasan organisasi untuk berinovasi. Agaknya, sebagian besar organisasi saat ini mulai sepakat bahwa kepemimpinan yang efektif adalah faktor yang paling signifikan berkontribusi terhadap kinerja organisasi, dengan asumsi dilakukan perubahan organisasi secara menyeluruh. Para pemimpin yang cerdas adalah mereka yang memiliki “tabungan” keterampilan yang didapat dari pengalaman mereka dalam mengelola secara efektif dan efisien berbagai tugas kehidupan organisasi sehari-hari. Pendeknya, suatu kepemimpinan yang efektif selalu dibutuhkan untuk membawa perubahan yang efektif (Kennedy, 2000). Brookfield (1995) menyoroti adanya sejumlah hambatan yang dapat mempengaruhi upaya manajemen melakukan
perubahan, yakni meliputi adanya budaya kerahasiaan, budaya individualisme dan budaya diam. Dengan demikian, kepemimpinan yang kompeten seyogyanya dapat menangani dan mengelola sejumlah hambatan tersebut. Menurut Gruban (2003) kompetensi yang dimiliki para pemimpin adalah kemampuan untuk mengelola keterampilan dan sejumlah pengetahuan lainnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close