People Innovation Excellence

Kepemimpinan Inovatif Stratejikal [Bagian 7/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kepemimpinan juga dapat membuktikan efektivitasnya dalam mengelola teknologi. Ada dua dimensi kepemimpinan dari sudut dimensi teknologi, yakni yang bersifat transaksional dan bersifat transformational. Kepemimpinan transaksional berfokus pada perubahan teknologi dan kepemilikan keterampilan teknikal, yang sedikit memberi perhatian kepada aspek manusia dan kurang terfokus pada pemecahan masalah organisasi. Sedangkan, kepemimpinan transformasional lebih terfokus pada kebutuhan akan perubahan teknologi dengan mempertimbangkan aspek hubungan antar manusia. Jenis kepemimpinan ini menunjukkan perannya sebagai pencari jalan keluar dan sekaligus mengkomunikasikan visinya dengan mengolah keterampilan dalam berkomunikasi. Appelbaum (1988) berpendapat bahwa suatu kepemimpinan organisasi yang efektif, adalah kepemimpinan yang mampu mengembangkan perubahan dan membawa inovasi kedalam organisasi. Para pemimpin juga dapat memotivasi para pekerja dengan merumuskan strategi perubahan dengan cara yang berbeda, diantaranya adalah dengan memotivasi para pekerja melalui sistem penghargaan atau remunerasi yang tepat.
Kemampuan organisasi untuk memotivasi para pekerja secara individual ke tahap kinerja superior berkaitan erat dengan penerapan sistem penghargaan yang mereka kembangkan (Appelbaum, 1998). Oleh karena itu, untuk melakukan perubahan strategik dalam suatu organisasi, para pemimpin perlu memastikan bahwa berbagai jenis penghargaan dan program pelatihan perlu ditawarkan. Dengan demikian, suatu iklim organisasi yang ideal menyediakan
kesempatan terhadap para pekerja suatu kebebasan dan sekaligus rasa tanggung jawab. Dalam hal ini, para pemimpin adalah mereka yang paling bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan baru organisasi tersebut. Meskipun peran pemimpin sangat menonjol dalam merencanakan dan mengimplementasikan proses perubahan organisasi, namun terdapat beberapa faktor penting lain yang tidak bisa dipungkiri. Yaitu banyak kekuatan internal dan eksternal yang memiliki peran penting dan mempengaruhi skenario perubahan organisasi. Sebagaimana telah disinggung di atas, bahwa budaya organisasi sangat penting dan dapat mempengaruhi proses perubahan organisasi. Harus diakui, bahwa peran pemimpin dalam menciptakan budaya organisasi pada wilayah geografis di mana organisasi berada perannya sangat signifikan. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa peran para pekerja, sifat kerja dan dukungan dari mereka juga tak kalah pentingnya. Demikian pula situasi politik, sosial-budaya dan teknologi yang berubah dapat mempengaruhi kinerja organisasi, termasuk proses perubahan organisasi. Sekali lagi, bahwa peran pemimpin sangat penting dalam mengendalikan dan mengelola faktor-faktor tersebut.
Last but not least, globalisasi tidak hanya mengubah dunia menjadi sebuah desa kecil, akan tetapi juga memiliki pengaruh besar terhadap perubahan pola pikir masyarakat, termasuk mempengaruhi tren bisnis, teknologi dan lingkungan bisnis. Teknologi telah menyadarkan para pelanggan di pasar tentang pentingnya arti akses informasi dalam menunjang kemajuan organisasi di seluruh dunia, dalam hal produk dan jasa, berikut prosedur dan pelayanan yang menyertainya. Permintaan dan harapan para pelanggan tidak hanya sangat tinggi terhadap keberadaan organisasi bisnis, sehingga organisasi tidak hanya perlu memenuhi tuntutan para pelanggan saat ini semata, akan tetapi perlu juga melihat tren masa depan dengan mempersiapkan diri dengan baik sebelum waktunya tiba. Dengan demikian, organisasi perlu mengadopsi dan menerapkan perubahan dalam model bisnis mereka. Perubahan organisasi dapat membuat sebuah organisasi mampu untuk lebih merespon tren masa depan, termasuk perubahan teknologi, perubahan sosial-budaya dan ekonomi, dan juga dapat memberikan keunggulan bersaing dalam kompetisi yang semakin intens dan tajam. Perubahan juga dapat meningkatkan kinerja organisasi, yang pada gilirannya kelak organisasi tersebut dapat memimpin organisasi menuju keberhasilan jangka panjang dan keberlanjutan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close