People Innovation Excellence

Knowledge Management [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Knowledge Management (KM) merupakan bagian integral dari lingkungan
bisnis kontemporer yang dapat menjamin pertumbuhan dan keunggulan kompetitif
bagi suatu organisasi bisnis. Saat ini banyak organisasi yang kurang berhasil
mengembangkan keunggulan kompetitifnya agar mampu tumbuh dan bersaing
dengan pemain bisnis lain, dikarenakan adanya salah kelola terhadap pengalaman,
keahlian dan aset pengetahuan mereka. Dewasa ini lingkungan bisnis tumbuh
semakin kompetitif. Oleh karena itu, disamping harus kreatif dan inovatif, organisasi
juga harus mampu memanfaatkan pengalaman yang dimiliki sebelumnya dan
mampu belajar secara efektif agar lebih unggul ketimbang para pesaingnya. KM
adalah alat yang efektif untuk mengelola aset pengetahuan organisasi, yaitu untuk
jangka pendek dapat menghasilkan keuntungan, sementara untuk jangka panjang
dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Dengan demikian, KM memanfaatkan
pengetahuan organisasi, baik dari sumber internal maupun eksternal organisasi
untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya.
Oleh karena itu, organisasi bisnis perlu memiliki sistem pengoperasian KM
yang efektif, yang dapat membuat, menangkap, menyimpan, menyebarkan dan
mendokumentasikan aset pengetahuan dari suatu organisasi, khususnya untuk
membantu proses intelijen bisnis, proses rekayasa ulang bisnis dan proses
pengambilan keputusan. Sayangnya, banyak organisasi yang masih terlalu fokus pada
aspek pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), sehingga agak
mengabaikan sejumlah faktor lainnya yang juga perlu mendapatkan perhatian secara
signifikan dari sistem KM. Suatu KM yang efektif merupakan hasil interaksi diantara
dua hal, yakni aspek teknologi dan aspek perilaku organisasi. Dengan sendirinya,
sistem KM perlu memiliki pendekatan holistik, yakni dengan memberi penekanan
pada tiga faktor penting dari organisasi, yaitu manusia, proses dan teknologi. Oleh
karena itu, ketika kita hendak mengimplementasikan KM dalam organisasi, maka
ketiga faktor tersebut perlu dipertimbangkan dan ditangani secara efisien dan
efektif.
Sekali lagi, knowledge management (KM) telah menjadi bagian penting dan
tidak terpisahkan dari organisasi. KM adalah bidang yang cepat berkembang dan
memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan organisasi dan daya saing.
Knowledge Management (KM) adalah manajemen sistematik atas aset pengetahuan
organisasi untuk tujuan menciptakan nilai yang memenuhi persyaratan taktik dan
strategik, yang terdiri dari inisiatif, proses, kebijakan, program, dan prosedur yang
mendukung dan meningkatkan penciptaan, penilaian, saling berbagi, perbaikan, dan
penyimpanan pengetahuan.
Dengan demikian, KM akan melibatkan pemahaman tentang, dimana dan
dalam bentuk apa pengetahuan berada, apa yang perlu diketahui oleh organisasi,
bagaimana mempromosikan budaya kondusif untuk belajar, saling berbagi, dan
penciptaan pengetahuan, bagaimana membuat pengetahuan yang benar tersedia
untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat, bagaimana menghasilkan atau
memperoleh pengetahuan yang terbaik, baru dan relevan, bagaimana mengelola
semua faktor tersebut sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan
strategik organisasi, khususnya ketika menghadapi ancaman dan peluang bisnis
jangka pendek.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close