People Innovation Excellence

Knowledge Management [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, kata yang paling penting dalam KM adalah “pengetahuan”.
Arti dari kata “pengetahuan” sendiri telah mengalami banyak interpretasi yang
berbeda oleh para pakar yang berbeda pula. Pengetahuan adalah gagasan yang luas
dan abstrak yang masih dapat diperdebatkan baik dalam wacana filsafat klasik barat
maupun timur. Dengan demikian, belum ada definisi yang berlaku umum tentang
makna pengetahuan, meskipun telah banyak para pakar mencoba untuk
menentukan tentang apa pengetahuan dan bagaimana hal tersebut dapat
diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis pengetahuan. Nanaka dan Takeuchi telah
mendefinisikan pengetahuan, yakni sebagai “suatu keyakinan yang dibenarkan oleh
fakta-fakta”. Pengetahuan adalah kombinasi dari pengalaman, nilai, informasi
kontekstual, dan wawasan dari sudut pandang para pakar yang memberikan
kerangka kerja untuk mengevaluasi dan menggabungkan sejumlah informasi dan
pengalaman baru (Agresti, 2000). Sebuah pandangan yang komprehensif tentang
pengetahuan yang relevan untuk mempelajari KM adalah, bahwa pengetahuan
merupakan wawasan yang berasal dari data, informasi, dan pengamatan, yang
biasanya tercermin melalui tindakan, sehingga dalam kata yang lebih sederhana,
pengetahuan adalah informasi yang ditindaklanjuti. Dengan kata lain,suatu tindak
lanjut yang dilakukan dengan mengacu pada informasi yang tersedia dan relevan,
pada waktu, tempat dan konteks yang tepat, dan dilakukan dengan cara yang benar.
Manajemen pengetahuan (KM) adalah model bisnis interdisipliner dimana
pengetahuan adalah kerangka dan fokus utama dari organisasi. Tujuan KM adalah
untuk mengaktifkan praktik inovatif pada tingkat organisasi dengan mendukung
kolaborasi dan komunikasi diantara para pekerja berpengetahuan, baik dalam
domain yang sama maupun di seluruh domain yang berbeda. KM adalah cabang dari
ilmu manajemen yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis dengan
meningkatkan kapasitas organisasi untuk belajar, berinovasi, dan memecahkan
masalah. Aktivitasnya berfokus pada pengelolaan tentang bagaimana suatu
pengetahuan dihasilkan dan diintegrasikan ke dalam organisasi. Dengan demikian
KM adalah proses menangkap dan menggunakan keahlian kolektif organisasi yang
tersimpan di atas kertas, dokumen, database (pengetahuan eksplisit), atau
pengetahuan yang masih tersembunyi dalam pikiran orang (pengetahuan tacit). Tiga
elemen kunci dari KM adalah orang atau para pekerja, proses dan teknologi dalam
suatu gabungan yang bisa saling tumpang tindih. KM dalam arti luas adalah kerangka
konseptual yang mencakup semua kegiatan dan perspektif yang diperlukan untuk
memperoleh gambaran tentang penanganan dan pemanfaatan aset pengetahuan
suatu korporasi bagi nilai tambah dan keunggulan bersaing suatu organisasi.
Karenanya KM adalah jiwa dari organisasi yang meliputi keahlian, pengalaman
dan hasil belajar organisasi. KM dapat memfasilitasi berbagai aspek organisasi,
seperti intelijen bisnis, proses rekayasa ulang bisnis, manajemen proyek yang efektif,
kreativitas dan inovasi organisasi. KM memiliki potensi besar untuk menunjang
pertumbuhan suatu organisasi, dengan asumsi bahwa organisasi yang menggunakan
pengetahuan yang tersedia secara efisien dan efektif dapat mengekstrak suatu
keuntungan maksimal. KM membantu organisasi dalam mempelajari hal-hal baru
dan menciptakan pengetahuan baru. KM juga dapat memastikan bahwa suatu aliran
informasi dapat sampai pada orang dan waktu yang tepat untuk membuat keputusan
yang tepat. Demikian pula KM dapat membantu organisasi untuk belajar dari
kesalahan dan tidak mengulanginya lagi dimasa depan. KM memungkinkan organisasi
untuk memiliki keunggulan atas pesaing melalui aset pengetahuan dan intelektual
untuk mengembangkan dan mencapai tujuan organisasi. KM dapat membantu
organisasi untuk belajar dari pengalaman, mengkonversi dan mengkodifikasi
pengalaman tersebut kedalam sistem berbasis teknologi informasi, sehingga dapat
saling berbagi dengan pihak lain dan membantu mereka untuk menggunakan
pengalaman tersebut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas dan
menambah pengetahuan baru.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close