People Innovation Excellence

Membangun Karakter Pemimpin [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam menilai para pemimpin di setiap tingkatan suatu organisasi, kita perlu senantiasa mengajukan tiga pertanyaan fundamental. Pertama, apakah mereka memiliki kompetensi untuk menjadi pemimpin? Kedua, apakah mereka memiliki komitmen untuk menjadi pemimpin? Apakah mereka siap untuk melakukan kerja keras kepemimpinan, sekaligus melibatkan orang lain untuk mencapai misi, visi dan tujuan organisasi? Dan ketiga, apakah mereka memiliki “karakter” untuk menjadi pemimpin yang baik dan berusaha untuk menjadi salah satu yang terbaik? Apakah mereka memiliki nilai-nilai, sifat dan kebajikan – yang dapat meyakinkan para pemegang saham, para pekerja, para pelanggan, para pemasok, pihak regulator dan masyarakat luas di tempat mereka beroperasi – sehingga kesemuanya setuju bahwa mereka adalah pemimpin yang baik?
Dalam kesempatan ini, kita hanya akan fokus pada pembahasan karakter kepemimpinan, bukan karena hal tersebut lebih penting ketimbang kompetensi dan komitmen misalnya, namun karena karakter adalah hal yang paling sulit untuk didefinisikan, diukur, dinilai dan dikembangkan. Tujuan dari pembahasan ini adalah menentukan sejumlah dimensi karakter kepemimpinan yang paling penting, berubah dan cenderung terkikis pada lingkungan bisnis saat ini, dan menyarankan bagaimana suatu karakter dapat dikembangkan.
Lebih baik kita terus terang, bahwa dengan sejumlah alasan para pimpinan bisnis kita telah kehilangan karakter. Kita boleh menuding karena sistem pendidikan kita yang terlalu fokus pada kompetensi, sehingga mengabaikan pembentukan karakter. Lebih parah lagi karena kita tidak tahu tentang apa yang dimaksud dengan karakter, tidak pernah memikirkannya dan tidak peduli tentang hal tersebut. Karakter menjadi tidak lebih semacam istilah dari para pini sepuh jaman dahulu yang dianggap kurang relevan lagi untuk dikaitkan dengan dunia bisnis moderen. Begitu pula, dalam kehidupan dunia pekerjaan sehari-hari, kebanyakan orang enggan untuk membahas tentang karakter dengan rekan-rekan di tempat kerja, sehingga tidak mampu melakukan penilaian karakter secara obyektif. Padahal karakter merupakan elemen penting dari kepemimpinan yang seyogyanya tidak diabaikan. Karakter adalah fondasi yang membentuk bagaimana kita terlibat dengan dunia di sekitar kita, apa yang kita perhatikan, apa yang kita perkuat, apa yang kita libatkan dalam percakapan, apa yang kita nilai, apa yang kita pilih sebagai landasan untuk bertindak, bagaimana kita memutuskan, dan lain sebagainya.
Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan berkenaan dengan kegagalan kepemimpinan telah mengarah pada persoalan karakter sebagai tema sentral. Suatu risiko buruk sering muncul karena para pemimpin tidak memiliki keberanian atau kepercayaan diri untuk berbicara jujur dan terus terang. Para pemimpin organisasi mengetahui tentang jenis-jenis praktek kurang terpuji yang berlangsung dalam organisasinya, namun mereka tidak mampu untuk menghentikannya. Iklim organisasi
yang kurang jujur dan budaya organisasi yang kurang transparan dapat berdampak jauh kedalam jantung organisasi. Kesemuanya itu pada dasarnya bersumber dari kegagalan karakter. Tidak ada konsensus tentang definisi karakter, namun untuk kepentingan pembahasan disini, kita akan fokus pada nilai-nilai, kebajikan dan ciri-ciri kepribadian (traits).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close