People Innovation Excellence

Paradigma Baru Kepemimpinan [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dewasa ini kebutuhan akan kepemimpinan organisasi yang kuat dan efektif lebih besar ketimbang masa sebelumnya. Terutama ketika organisasi tengah menghadapi populasi global dengan jumlah penduduk lebih dari 10 miliar, yang juga diiringi oleh cepatnya perubahan lingkungan PEST (politik, ekonomi, sosbud dan teknologi) dan ekologi yang belum pernah terjadi seperti masa sebelumnya. Tantangan yang paling mendesak adalah mempertahankan kesejahteraan manusia dan lingkungannya yang semakin kompleks, yang membutuhkan kepemimpinan yang kompleks dan adaptif pula. Pada masa lalu karakteristik kepemimpinan organisasi lebih bersifat hirarkis dan lebih difokuskan pada suatu posisi ketimbang proses. Kepemimpinan adalah fungsi kekuasaan dan pengaruh, dimana aliran perintah mengalir dari atas ke bawah. Namun dengan berlalunya waktu para pemimpin dengan “mentalitas pabrik”, yang mendasarkan diri pada kekuasaan, hak istimewa, dan prosedur, agaknya tidak lagi kuat dan efektif. Pada saat sekarang ini, harus diakui bahwa kepemimpinan – meskipun tetap dapat berpegang pada kaidah prosedural atau operasional (kepemimpinan mekanistik) – namun tuntutan akan kemampuan relasional dan/atau konseptual lebih mengemuka ketimbang masa sebelumnya.
Para pemimpin masa kini perlu memiliki kemampuan beradaptasi yang lebih tinggi dalam menghadapi perubahan yang meningkat pada masyarakat dan tempat kerjanya, khususnya di penghujung abad ini. Inilah suatu zaman dimana setiap orang dituntut untuk mengambil alih komando nasibnya sendiri, keluarganya, masyarakatnya, organisasinya dan planetnya, yang memerlukan kemampuan kepemimpinan yang semakin kuat dan efektif. Dengan kata lain, kepemimpinan yang efektif merupakan salah satu kunci keberhasilan masa depan bagi kelangsungan hidup umat manusia.
Harus diakui, masih banyak kepustakaan tentang kepemimpinan yang terlalu fokus pada “karakteristik” pemimpin yang baik. Karakteristik ini, bagaimanapun, sering terlalu umum untuk dijadikan patokan nilai praktis bagi seseorang yang tengah berusaha untuk menjadi pemimpin yang lebih kuat dan efektif. Sebagai contoh misalnya, dengan menyebutkan bahwa para pemimpin yang baik adalah mereka yang “optimistis”, “jujur” dan “berwibawa” kurang memiliki arti praktis guna melakukan perbaikan dan pengembangan keterampilan tertentu. Contoh tersebut lebih menggambarkan penilaian subyektif tentang perilaku seseorang oleh orang lain, dan bahkan sering dilandasi oleh penilaian yang bersifat “like and dislike”. Demikian pula halnya, deskripsi tentang kepemimpinan yang kuat dan efektif sering menekankan pada sesuatu yang kuat dan efektif hanya dalam konteks bisnis, sos-bud dan lingkungan lainnya. Padahal, tindakan, gaya atau karakteristik yang membuat seorang pemimpin dikatakan “baik” mungkin hanya berlaku dalam suatu konteks tertentu saja, sedangkan dalam konteks lain kepemimpinannya bisa tidak berjalan kuat dan efektif, atau bahkan banyak menimbulkan persoalan belaka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close