People Innovation Excellence

Pengembangan Sistem Manajemen Tim [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ketika sebuah organisasi memutuskan untuk menjadi lebih tangkas dan cerdas, maka yang tidak boleh dilupakan adalah peran dan pengaruh para manajer di dalam organisasi. Apalagi jika upaya lebih banyak difokuskan pada mengembangkan tim kerja lintas fungsional dengan kompetensi dari berbagai departemen. Berbagai peran, fungsi, tugas, dan tanggung jawab baru dilimpahkan sekaligus serangkaian praktik kerja baru diperkenalkan. Hal tersebut benar-benar akan menciptakan tantangan baru yang perlu diatasi oleh para manajer. Dibutuhkan langkah transformatif yang tangkas dan cerdas dari para manajer untuk mengatasi tantangan pekerjaan tersebut.
Kerangka kerja tersebut menunjukkan bahwa suatu tim manajemen dapat melakukan pekerjaan yang diperlukan pada tiga tingkatan yang berbeda, yaitu tingkat operasional, taktikal dan strategik. Setiap tingkat memiliki tujuan sendiri yang terdefinisikan yang akan menentukan irama organisasi di setiap tingkatan. Tentu saja kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah tim kerja yang berkinerja tinggi. Hal ini berarti bahwa mereka harus mulai mempercayai satu sama lain dan menjadi nyaman dengan mengatasi masalah yang benar-benar penting bagi organisasi. Mereka harus dapat berkomitmen untuk memberikan nilai yang diharapkan dan bertanggung jawab untuk melakukannya .
Sudah terlalu banyak contoh bahwa “kendali dari atas” sering mengekang kelincahan organisasiyang dapat menghambat kreativitas dan menolak perubahan. Demikian pula halnya sudah terlalu banyak praktik manajemen terpusat yang menyebabkan kelumpuhan aktivitas suatu tim kerja. Karenanya kita perlu memahami dasar-dasar dari dinamika tim kerja. Konsekuensinya setiap orang perlu belajar sebanyak mungkin tentang perilaku manusia dan memahami mengapa seseorang melakukan sesuatu. Suatu titik awal yang baik adalah sebaiknya kita bersedia belajar tentang sifat kerja sama tim. Terdapat “delapan Jenis pekerjaan” yang berbeda yang perlu dilakukan oleh semua tim kerja, terlepas di sektor industri mana mereka bekerja. Kedelapan fungsi kerja tersebut tertuang dalam gambar sistem manajemen tim dibawah ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close