People Innovation Excellence

Pengembangan Sistem Manajemen Tim [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, kita dapat mulai dengan penjelasan tentang fungsi pemberian nasihat (advising), yaitu berupa pengumpulan informasi dari semua pemangku kepentingan sekaligus menanggapi dengan cepat setiap adanya kebutuhan untuk perubahan. Kegiatan ini termasuk menjaga informasi up-to-date yang sesuaidengan perkembangan baik di dalam maupun di luar organisasi. Disamping itu, fungsi dari advising adalah memberikan saran kepada anggota organisasi lainnya untuk membantu pekerjaan mereka. Hal ini membutuhkan transparansi aliran informasi tentang ‘apa’ dan ‘di mana’ sesuatu terjadi, sekaligus dimilikinya suatu ‘keterampilan konsultasi’ yang ditunjang oleh informasi yang terkumpul dengan cepat, akurat dan efektif.Adapun fungsi berinovasi (innovating) merupakan kegiatan yang menghasilkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Hal ini memerlukan pengembangan keterampilan kreatif dalam memecahkan masalah sehingga tim kerja kita tetap memiliki keunggulan, dan paling tidak selangkah lebih maju dari para pesaingnya. Agar pengembangan ini terselenggara dengan baik maka diperlukan pemikiran orisinal, imajinatif dan inovatif.
Fungsi lainnya adalah kegiatan mempromosikan (promoting), yaitu berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi peluang dan ‘menjajakan’ peluang tersebut kepada pihak lain, baik di dalam maupun ke luar organisasi. Kegiatan ini sering menuntut kemampuan dalam menerapkan keterampilan mempengaruhi dan menyajikan presentasi terhadap pihak lain. Tentu saja hal ini perlu juga ditunjang oleh kemampuan berkomunikasi dan pemahaman terhadap ‘visi’ organisasi. Dengan kata lain, dalam melakukan kegiatan promoting diperlukan suatu visibilitas tinggi dari seluruh organisasi. Fungsi mengembangkan (developing) dikaitkan dengan kegiatan tentang bagaimana menterjemahkan suatu konsep menjadi ‘realitas’. Misalnya mengembangkan suatu situs yang bekerja untuk menghasilkan tawaran jasa berikut pelayanan praktis. Dalam banyak kasus, diantaranya juga adalah mengembangkan solusi
terbaik dan praktis ketika masalah timbul. Disamping itu, juga diperlukan kemampuan analisis yang baik, sehingga prioritas kebutuhan dan keinginan dapat ditentukan dan perkiraan yang akurat dapat ditetapkan. Sedangkan fungsi pengorganisasian (organizing) merupakan kegiatan mengorganisir orang dan sumber daya secara efektif dan efisien dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas dan sekaligus membuat anggota tim kerja bertanggung jawab atas tindakan mereka. Termasuk juga didalamnya adalah pelaksanaan tindakan cepat dan efektif bila terjadi suatu masalah, sehingga output yang direncanakan selalu mampu tercapai. Pendeknya, bagaimana menjalankan suatu fungsi yang menjamin kerja sama tim yang terstruktur dengan baik dan fokus terhadap tujuan bersama. Fungsi memproduksi (producing) merupakan kegiatan yang berfokus pada output, yaitu kemampuan untuk memastikan bahwa suatu target dapat diselesaikan dengan standar efektivitas dan efisiensi yang relatif tinggi. Fungsi ini juga terkait dengan pengiriman rilis secara reguler dan pelayanan lainnya. Artinya dibutuhkan pendekatan sistematik dalam bekerja dan memberikan penekanan pada pengiriman jasa secara tepat waktu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close