People Innovation Excellence

Pengembangan Sistem Manajemen Tim [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Fungsi memeriksa (inspecting) merupakan kegiatan yang menaruh perhatian terhadap detil dan memberi penekanan pada pemantauan sistem, kontrak dan output. Termasuk didalamnya adalah fokus pada akurasi, disamping dapat memastikan bahwa output kerja selalu disampaikan dengan kualitas yang tepat. Fungsi ini merupakan fungsi pengendalian klasik dimana suatu prosedur dipantau secara teratur untuk mencapai efisiensi. Fungsi memelihara (maintaining) adalah fungsi pendukung yang menjamin bahwa standar etika dan perilaku yang tepat telah ditegakkan dengan kualitas yang terjaga. Hal ini juga dapat melibatkan dukungan pihak lain atau tim kerja sehingga terbentuk suatu aturan dasar yang dapat disepakati. Keyakinan pribadi dan loyalitas sangat penting dalam fungsi pemeliharaan ini terutama dalam menumbuhkan minat untuk membantu pihak lain.
Tidak semua tugas bersifat menyenangkan, maka terdapat tugas yang kita sukai dan ada pula tugas yang tidak kita sukai. Preferensi kerja adalah istilah lain yang dikenakan untuk menggambarkan suatu kondisi kerjadi tempat kerja. Preferensi kerja adalah dimensi perbedaan individu dalam kecenderungannya untuk menunjukkan pola hubungan, pikiran, perasaan dan tindakan yang konsisten dalam lingkungan kerja. Preferensi biasanya terungkap secara transparan, dimana sebagian orang memilih untuk memikirkan segalanya seorang diri, sementara yang lain merasa perlu membicarakan dan menjelaskan ide-ide mereka. Preferensi yang mudah terlihat oleh pihak lain biasanya bersumber dari kesan pertama. Ketika kita bekerja dengan preferensi kebersamaan maka energi psikis kita dapat mengalir dengan bebas. Seorang dengan kepribadian ekstrovert akan bekerja dengan banyak interaksi dengan pihak lain, baik di dalam maupun di luar organisasi. Jika kepribadian seseorang
lebih bersifat introvert, maka ia akan bekerja bersifat tertutup, sehingga ia akan sedikit sekali berbicara atau melakukan interupsi dalam suatu pertemuan. Adanya dinamika dan polarisasi sifat dan sikap dapat terlihat sebagai adanya suatu ketidakseimbangan preferensi kerja pada anggota tim kerja. Misalnya adaorang yang cenderung lebih mengutamakan melakukan perubahan dan gemar menggabungkan ide-ide terbaru. Namun sebagian pihak lain lagi hanya menikmati kegiatan pengorganisasian dan memproduksi. Dengan demikian, jika tim kerja kita benar-benar ingin efektif, maka kita perlu memahami preferensi kerja semua anggota tim kerja dengan melihat pola keseimbangan preferensi mereka. Dengan demikian, kita dapat memperoleh gambaran langsung tentang kekuatan dan kelemahan dari kerja sama tim yang bersangkutan. Informasi demikian membantu untuk memastikan bahwa preferensi pekerjaan semua orang disesuaikan dengan tuntutan pekerjaan yang harus mereka lakukan. Meskipun kompetisi berlangsung sengit, namun energi tim kerja dapat mengalir dengan bebas, dimana semua orang dapat menikmati pekerjaannya dengan tingkat stres yang rendah dan semua orang merasa lebih bahagia di tempat kerja. Dengan demikian, kedelapan fungsi kerja diatas tetap harus diprioritaskan secara bersamaan, dan jangan sampai ada salah satu fungsi yang diabaikan dan dianggap kurang penting. Sistem manajemen tim dapat menggabungkan ide preferensi tim kerja dengan delapan fungsi kerja, sehingga semua anggota tim kerja dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Hal ini sama dengan mencocokkan karakteristik orang – agar menikmati berbagai jenis pekerjaan – sesuai dengan fungsi kerja yang disukainya, sebagaimana tergambar dalam profil tim manajemen berikut ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close