People Innovation Excellence

Pengembangan Sistem Manajemen Tim [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Gambar ini merupakan profil manajemen tim yang mengilustrasikan hubungan preferensi pekerjaan dengan fungsi kerja, misalnya kita mengidentifikasi peran utama – kolom thruster-organizer – dan dua peran (pada 2 kolom) yang berdekatan disebelahnya untuk menjelaskan mayoritas
preferensi pekerjaan seseorang. Dalam konteks ini, biasanya seseorang akan menikmati pekerjaan di mana dua-pertiga dari tugas-tugasnya sejajar dengan preferensi pekerjaaanya. Jika hal ini terjadi maka ia akan memiliki keterlibatan yang tinggi sesuai dengan preferensinya, yang berarti ia memiliki komitmen yang lebih besar untuk tim kerja, dan hal ini juga terkait dengan peningkatan kebahagiaan di tempat kerja. Berikut ini adalah beberapa karakteristik umum dari masing-masing preferensi, yakni: Reporter-advisor:
Merupakan karakteristik seseorang yang lebih menyukai untuk mengumpulkan informasi dan suka untuk memahami situasi sebelum bertindak; Creator-innovator:
Merupakan karakteristik seseorang yang suka memikirkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, ketimbang hanya fokus untuk memberikan output secara teratur; Explorer-promoter:
Merupakan karakteristik seseorang yang suka menemukan ide-ide dan mempromosikannya kepada pihak lain, dimana ia tidak khawatir tentang rincian dari ide-idenya yang belum lengkap; Assesor-developer:
Merupakan karakteristik seseorang yang suka menganalisis dan mengembangkan berbagai kemungkinan sebelum mengambil keputusan; Thruster-organizer:
Merupakan kakakteristik seseorang yang suka mewujudkan sesuatu terjadi dan memperoleh output, ketimbang banyak membuang waktu untuk berdebat; Concluder-Producer:
Merupakan karakteristik dari seseorang yang suka sesuatu yang praktis dan suka melaksanakan sesuatu sampai akhir (tuntas) sesuai dengan rencana; Controller-Inspector:
Merupakan karakterisstik seseorang yang suka akan ketenangan dan stabilitas dengan menikmati hal yang rinci dalam bekerja, misalnya pekerjaan yang berkaitan dengan fakta dan angka-angka; dan Upholder-maintainer:
Merupakan karakteristik seseorang yang suka mendukung pihak lain untuk memastikan bahwa tugas-tugas yang diberikan kepadanya berada pada standar yang tinggi.
Salah satu manfaat utama dari lingkaran profil manajemen tim tersebut adalah untuk memetakan preferensi peran semua orang kedalam lingkaran delapan fungsi kerja, dan dengan itu kita dapat mendistribusikan dan menetapkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab, sekaligus membuat aturan dasar tim kerja guna memastikan bahwa bagian dari masing-masing preferensi tidak bisa diabaikan atau sama pentingnya. Dengan adanya pembagian peran berdasarkan preferensi tersebut, paling tidak kita akan melihat dunia kerja dengan cara yang berbeda dan hal ini sangat baik untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam organisasi. Meskipun demikian dengan adanya sekat-sekat batasan peran tersebut sulit dihindari adanya atribusi negatif dari salah satu peran terhadap peran yang lain. Pekerja dengan tipe karakteristik explorer-promoter misalnya, akan melihat pekerja tipe controller –inspector sebagai orang yang membosankan, bertele-tele dan terlalu berorientasi pada hal yang remeh (detil). Sebaliknya orang dengan tipe controller-inspector akan melihat tipe explorer-promoter sebagai orang bermulut besar. Tentu saja hal ini merupakan kecenderungan alami manusiawi untuk melihat sisi negatif terhadap pihak lain yang ‘berbeda’ dengan dirinya. Namun demikian, semua peran tersebut diperlukan dalam suatu tim kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik, artinya dari suatu keragamanlah solusi terbaik sering muncul.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close