People Innovation Excellence

Pengembangan Sistem Manajemen Tim [Bagian 6/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tentu saja dibutuhkan waktu untuk mengembangkan semua keterampilan tersebut, namun tedapat umpan balik positif tentang keenam fungsi penghubung tersebut. Setiap orang menjadi lebih terbuka dan menyukai untuk berkomunikasi diantara mereka. Semua orang tahu bahwa komunikasi adalah dinamik, sehingga setiap orang terus-menerus dituntut untuk mengubah cara berkomunikasi sesuai dengan siapa lawan bicaranya. Jalinan interaksi dan komunikasi antara tipe thruster-organizer dengan tipe reporter-advisortentu perlu menggunakan pendekatan yang sama sekali berbeda, ketimbang berinteraksi dan berkomunikasi dengan tipe yang lain. Dilema dari praktik self-management adalah mencapai suatu keseimbangan antara struktur yang diperlukan dengan kendali kepemimpinan untuk mencapai kinerja yang tinggi. Dengan demikian suatu tim kerja yang mengoperasikan self-management perlu banyak memahami tentang perilaku anggota tim kerja dan memahami mengapa mereka berperilaku seperti yang mereka lakukan.
Last but not least, tim kerja berkinerja tinggi memiliki karakteristik otonom, cerdas, luwes dalam berinteraksi dan berkolaborasi serta mampu memahami dan menghargai adanya perbedaan perilaku. Mereka dapat beroperasi dengan aturan-aturan dasar yang sederhana, rela menjalani pembelajaran dan beradaptasi. Disamping itu, mereka mampu menerapkan fungsi penghubung dengan keterampilan yang baik serta mampu memanfaatkan bakat kreatifnya. Pada akhirnya, kita sering berbicara tentang pentingnya suatu arah bagi suatu organisasi, yaitu menyelaraskan tujuan organisasi dan membangun visi jangka waktu panjang untuk diperjuangkan. Hal ini penting untuk menciptakan rasa memiliki tujuan bersama dan membantu membangun motivasi para pekerja dalam suatu tim kerja yang solid, meskipun tujuan tersebut mungkin sering dianggap ambigu. Dengan demikian dibutuhkan suatu “tujuan tematik”, yang bertindak sebagai seruan bagi organisasi agar menyelaraskan orang dengan visi jangka waktu panjang. Dengan menetapkan dan mengkomunikasikan tujuan tematik, maka organisasi dapat menyampaikan harapan yang diinginkannya terhadap tim kerja manajemen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close