People Innovation Excellence

Political Skill Dalam Organisasi [Bagian 5/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berbagai studi independen telah dikembangkan untuk menyusun konsep hubungan antara aspek politik dan political skill pada sejumlah organisasi yang berbeda. Studi lainnya telah dilakukan untuk melihat dampak political skill para pemimpin dan pemahaman mereka tentang politik organisasi pada perubahan organisasi. Suatu konsep atau model dapat dikembangkan untuk melihat bagaimana para pemimpin mengelola perubahan dalam organisasi dengan mengacu pada political skill dan politik organisasi mereka secara mumpuni. Yaitu bagaimana mereka memulai, mempromosikan, dan memimpin perubahan positif dalam organisasi mereka. Diharapkan mereka dapat mengelola gesekan dan perlawanan terhadap perubahan dan akhirnya memungkinkan mereka untuk mengatasi suatu konflik disfungsional. Setelah mendefinisikan kepemimpinan, political skill pemimpin, politik dan perubahan dalam organisasi, maka pada gilirannya perlu dikembangkan suatu proposisi mengenai political skill para pemimpin dan pengaruhnya terhadap perubahan organisasi melalui pemahaman yang lebih dalam dan komprehensif berkenaan dengan politik dalam organisasi.
Kepemimpinan yang sukses adalah proses penyesuaian yang terus-menerus untuk mengubah lingkungan. Dalam hal ini, para pemimpin perlu membangun dan mengembangkan keterampilan khas dan kompeten berupa political skill dan politik organisasi dengan cerdas melalui daya analisis pribadi mereka, dan memanfaatkan keterampilan tersebut untuk mencapai peluang terbaik bagi dilakukannya suatu perubahan dalam organisasi. Dengan sendirinya mereka juga perlu peka terhadap politisasi dan adanya resistensi dari orang-orang yang berada di sekitar mereka. Sebagai pengelola perubahan para pemimpin dapat diuntungkan dengan dimilikinya political skill ini, terutama peran mereka dalam membangun budaya organisasi yang menguntungkan bagi percepatan perubahan. Kepemimpinan yang berorientasi pada political skill merupakan variabel yang sangat penting dalam mempengaruhi suatu pengambilan keputusan dalam organisasi. Keterampilan tersebut memungkinkan mereka untuk memindai lingkungan, membangun kendali, dan memfasilitasi komunikasi internal sebelum dan setelah adanya perubahan. Mereka akan lebih terampil membahas masalah organisasi dengan para manajer tingkat menengah dan bawah dan para pekerja non struktural lainnya. Dengan dimilikinya pemahaman politik organisasi, para pemimpin dapat menuntun tim kerja pada waktu dan situasi
yang tepat untuk dilakukannya desentralisasi dan delegasi wewenang, sekaligus memiliki kepekaan pada konsentrasi kekuasaan yang berlebihan. Tentu saja, tradisi yang sudah terbentuk dalam organisasi dapat menghambat segala upaya perubahan radikal, akan tetapi para pemimpin yang memiliki bakat political skill ini akan mampu mengubah tujuan organisasi ke arah yang diinginkan.
Political skill dapat memperkuat keyakinan diri pemimpin, terutama keberanian mereka untuk mengambil keputusan dan bertindak sekaligus menghasilkan perubahan sesuai arah yang dituju. Dengan dimilikinya pengetahuan tentang political skill ini, maka para pemimpin akan lebih mudah memprediksi dan melakukan interaksi, mengurangi tekanan yang disebabkan oleh ketidakpastian, dan pada gilirannya menjaga tingkat ketenangan dalam menghadapi suatu gejolak. Oleh karena itu, sangat masuk akal bagi para pekerja untuk berharap, bahwa tantangan perubahan yang menakutkan dapat diatasi secara langsung oleh para pemimpin mereka. Para pemimpin ini, tidak hanya berhasil mengatur hubungan antar pribadi dan interaksi, namun mereka juga dapat mengerahkan pengaruh tersebut untuk memfasilitasi hubungan interpersonal yang ditandai dengan tumbuhnya keyakinan, kepercayaan, dan ketulusan. Para politikus terampil ini dapat melihat interaksi interpersonal sebagai peluang dengan memupuk persahabatan, koneksi, dan aliansi, yang pada gilirannya menjamin identitas sosial yang menguntungkan jaringan mereka. Pada akhirnya, mereka dapat memanipulasi lingkungan menjadi suatu yang menguntungkan bagi suatu perubahan yang diinginkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close