People Innovation Excellence

Political Skill Dalam Organisasi [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keterampilan politik dalam organisasi telah diperkenalkan dan dikembangkan lebih dari dua dekade yang lalu sebagai kompetensi yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Sayangnya, meskipun para pakar organisasi telah mengembangkan konstruk tersebut, namun pembahasan terhadap konsep ini sempat “tertidur” dan baru mulai belakangan ini “terbangun” kembali. Padahal, dimensi politik akan selalu hadir di semua organisasi, dan upaya menghindari atau mengabaikannya justru dapat menghambat efektifitas ruang gerak organisasi. Memang kita sudah terbiasa mengasosiasikan perilaku politik dengan kegiatan kampanye pemilu, padahal hal tersebut hadir di semua organisasi dan bahkan berguna sebagai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain secara efektif. Bahkan mereka yang paling sukses dalam organisasi biasanya mampu memanfaatkan perilaku politik untuk membangun reputasi terbaik mereka dalam organisasi. Dengan kata lain, ciri umum dari pemimpin yang sukses dapat dilihat dari kecakapan politik mereka. “Mereka memiliki kemampuan untuk memahami orang lain dan menggunakan pengetahuan itu untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan orang lain” .
Untuk menjadi pemimpin yang efektif, kita perlu mengakui adanya realitas politik dalam organisasi dan perlunya mengembangkan ketrampilan politik tersebut. Tentu saja, politik pada intinya adalah netral. Namun diakui terdapat keterampilan politik yang baik, yang dihargai dan dihormati oleh kebanyakan orang, dan sebaliknya ada keterampilan politik yang buruk, yang banyak menyebabkan perselisihan dan dicibir orang. Mereka yang berpikir buruk tentang politik sering mengasosiasikannya dengan pengalaman pribadi yang negatif. Sudah sering kita mendengar dalam organisasi tertentu, seseorang yang karirnya dapat meroket kejenjang yang lebih tinggi dalam tempo sekejap –padahal prestasinya mungkin kurang istimewa– atau bahkan dapat melampaui orang yang benar-benar memiliki prestasi nyata. Politik dapat dimainkan untuk keuntungan orang atau sekelompok tertentu, melalui pembenaran tanpa keterampilan dan kerja keras. Mungkin inilah sisi negatif dari praktik politik dalam organisasi.
Keterampilan politik dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami dan mempengaruhi pihak lain secara efektif, untuk kepentingan pribadi maupun organisasinya. Politik tidak selalu menjadi ajang permainan menang-kalah, bahkan keterampilan politik yang baik dapat membawa hasil yang positif bagi semua pihak. Dengan keterampilan politik seseorang dimungkinkan untuk menyesuaikan perilaku mereka dengan pihak lain dalam konteks tertentu, yang pada gilirannya membuka ruang organisasi untuk membuka potensi mereka. Para pemimpin perlu terus menyesuaikan diri dengan pihak lain dalam situasi yang berbeda, terutama dalam situasi gejolak ekonomi yang tak menentu. Bagi mereka yang memiliki keterampilan politik akan memahami, bagaimana mendiagnosis situasi dan
menyesuaikan perilaku mereka. Mereka juga dapat menggalang suatu dukungan terhadap visi mereka, dengan asumsi bahwa para rekan kerja menganggap mereka sebagai figur yang lebih kompeten dibanding para pemimpin lain yang tidak memiliki keterampilan politik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close