People Innovation Excellence

Pentingnya Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel

Selama 2 dekade terakhir, Generasi Y atau yang sering disebut dengan millennial, telah menjadi segmen pasar yang penting (Noble et.al, 2009). Saat ini, millennial memiliki 21% pembelian diskresioner konsumen yang diperkirakan lebih dari 1 triliun dolar dalam daya beli langsung dan berpengaruh besar terhadap generasi yang lebih tua (Butler, 2014). Dalam jangka waktu 10 tahun, 80% millennial akan memiliki keluarga, dan 83% ‘new moms’ sekarang ini telah berada pada kelompok usia tersebut (Butler, 2014). Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa kelompok usia ini merupakan segmen berukuran besar dengan daya belanja yang besar pula (BabyCenter 21st Century Mom, 2014).

Karena karakteristik masing-masing generasi berbeda, maka penting bagi pemasar untuk memperlakukan konsumen pada beragam kelompok usia secara berbeda (Rempel, 2009). Misalnya saja, proses pembelian pada baby boomers dimulai dengan kepercayaan yang dimiliki konsumen pada retailer yang memberikan saran untuk memilih produk yang tepat, sedangkan proses pembelian pada millennial diawali dengan pemilihan produk (Parment, 2013).

Millennial mom didefinisikan sebagai ibu yang lahir pada tahun 1978 hingga 1994. Para wanita yang tergolong dalam millennial mom menggunakan social media lebih banyak daripada ibu pada umumnya, dan mereka memanfaatkan teknologi untuk membantu mereka dalam mengelola hidupnya (Goggin et.al, 2014). Sebagai generasi pertama yang bertumbuh dengan adanya Internet dan mobile device, Millennial juga merupakan generasi pertama yang tidak menganggap asing perilaku tweeting dan texting dengan Facebook, Google, Wikipedia, dan YouTube, tapi sebagai aspek normal dari kehidupan sosial mereka dalam mencari informasi (Aquino, 2012). Seperti pernyataan Kotler et.al (2012) berikut ini: “They don’t just embrace technology, it’s a way of life.”

Millennial mom menerapkan cara yang berbeda dengan cara bagaimana mereka dibesarkan, mereka merasa lebih rileks dan bahagia sebagai orang tua dan mereka menghilangkan semua tekanan yang mereka dapatkan saat mereka tumbuh dahulu (BabyCenter 21st Century Mom, 2014). Hal ini berkaitan dengan fenomena yang akhir-akhir ini semakin ramai terjadi. Berbelanja barang-barang anak bukanlah hanya sekedar memenuhi kebutuhan, tapi sekaligus merupakan kesenangan dari millennial mom. Produk apparel anak-anak semakin kreatif dalam hal style dan desain untuk menyediakan alternatif lebih banyak bagi millennial mom untuk ‘mendandani’ anak-anak mereka, bahkan sudah dimulai ketika sang anak masih berusia balita.

suri cruise - katie holmes
source: http://www.theskichannel.com/news/20090722/katie-holmes-and-daughter-suri-cruise-skiing-while-on-location-in-melbourne/

Bahkan, beberapa pihak sampai memberikan gelar anak-anak termodis untuk beberapa anak dari selebritis Hollywood. Salah satunya adalah survei yang dilakukan produsen produk bayi terkemuka di Inggris, My1stYears.com, yang menobatkan di antaranya Suri Cruise (putri dari Katie Holmes), Blue Ivy (putri dari Beyonce), dan Kai Rooney (putri dari Coleen Mary Rooney) sebagai anak-anak termodis, di mana ketiga ibu tersebut merupakan millennial mom (Katie Holmes lahir pada tahun 1978, Beyonce lahir pada tahun 1981, dan Coleen Mary Rooney lahir pada tahun 1986). Di Indonesia pun, para selebritis yang merupakan millennial mom ramai memamerkan anak-anak mereka yang mereka dandani mengikuti perkembangan fashion, salah satunya yaitu Almira Tungga Dewi Yudhoyono (putri dari Annisa Pohan yang lahir pada tahun 1981), yang belakangan juga ikut berpartisipasi dalam peragaan busana yang dilakukan ibunya. Fenomena ini juga ditambah dengan ramainya para millennial mom yang sibuk meng-upload foto-foto balita mereka yang sedemikian rupa mereka dandani melalui berbagai social media seperti Facebook, Instagram, dan Path.

Terkait dengan kebutuhan fashion para balita yang tidak memghabiskan dana sedikit ini, Peter et. al (2010) telah menyebutkan bahwa memang anak-anak memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan alokasi budget keluarga dan pilihan pembelian yang dilakukan dalam keluarga. Menurut survei yang dilakukan Marketing Charts (2014), millennial mom diidentifikasi 18% lebih banyak dari ibu lainnya sebagai ‘spender’ daripada sebagai ‘saver’. Hal ini merupakan akibat dari individu-individu yang termasuk kelompok millennial bertumbuh dalam masyarakat kontemporer yang berorientasi pada konsumsi, dan mereka memiliki lebih banyak uang pada masa remajanya daripada generasi sebelumnya (Kennedy, 2001). Untuk itu, pemasar perlu fokus pada proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh millennial mom secara keseluruhan, karena proses pembelian dimulai jauh sebelum pembelian aktual dilakukan dan masih terus berlanjut setelah pembelian aktual dilakukan (Kotler et.al, 2012).

Saya akan membahas mengenai proses keputusan pembelian pada segmen millennial moms dalam pasar kids apparel lebih jauh pada artikel saya berikutnya “Proses Pengenalan Kebutuhan pada Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel”.


Published at : Updated
Written By
Annetta Gunawan, SE, MM
SCC International Maketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close