People Innovation Excellence

Mengukur Efektivitas Media Sosial

Di dalam berbisnis, segala sesuatu harus dapat diukur. Sesulit apapun, pebisnis HARUS melakukan pengukuran agar mampu menganalisa ROI suatu program pemasaran. Promosi adalah salah satu Marketing Mix yang paling sulit untuk diukur karena pada umumnya tujuan dasar kegiatan promosi adalah “mempengaruhi pikiran”. Selain itu, banyak faktor lain yang mempengaruhi “proses pertimbangan” didalam pikiran seseorang. Faktor-faktor tersebut dapat berperan sebagai stimulus pendorong maupun penghalang.

Oleh karena itu, suatu pengukuran akan menjadi lebih effective hanya jika anda tahu faktor-faktor yang akan diukur dengan menggunakan alat ukur yang tepat.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses penyampaian suatu pesan adalah media. Pemilihan media adalah hal yang sangat krusial dalam mengeksekusi suatu program promosi. Salah satu media yang saat ini menjadi primadona adalah media social atau yang umum dikenal dengan singkatan sosmed.

Mengapa social media menjadi primadona, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar? Jawabannya adalah: Data. Platform media sosial saat ini memungkinkan perusahaan memperoleh dua tipe data sekaligus yaitu kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, media social yang berbasis internet memungkinkan perusahaan dapat meng-capture data dengan mudah.

Data ini memungkinkan departemen pemasaran menggali dan mendapatkan insight didalam pasar. Selain itu, memungkinkan perusahaan melakukan segmentasi, targeting yang lebih terarah, dan positioning yang lebih tepat.

Dibawah ini adalah tujuh metric yang umum digunakan untuk mengukur efektifitas social media, khususnya ketika mengimplementasikan suatu program promosi.

  1. Follower/fans/Likes. Ini adalah metric yang sering digunakan sebagai indicator awal. Jadi jangan terlena jika anda mendapatkan jumlah yang banyak. Hubungkan dengan metric lain untuk analisa lebih dalam.
  2. Sering digunakan untuk mengukur seberapa baik respon follower/fans atau audience terhadap pesan anda. Contoh: jumlah shares, retweets dan comments.
  3. Metric yang dapat dipakai untuk mengukur waktu dan frekwensi aktivitas komunitas anda. Contoh: timestamps pada comments.
  4. Click-through rate(CTR). Metric umum yang digunakan untuk mengukur traffic ke website utama anda.
  5. Ini adalah data kualitatif yang masih jarang digunakan. Metric ini mengukur tingkat pengaruh dari pesan atau kegiatan atau program promosi didalam media social dan sekaligus menganalisa: siapa saja para influencer yang ‘membantu’ anda, apa isu yang mempengaruhi komunitas, dan siapa yang terpengaruh oleh para influencer ini.
  6. Metric kualitatif ini untuk mengukur “tekanan suara” suatu percakapan pada suatu topic. Ini dapat menjadi metric kualitatif untuk menilai ikatan pelanggan dengan brand anda apakah: suka, tidak suka atau biasa saja.
  7. Conversation driver. Metric untuk mengukur kekuatan suatu topic dalam mempengaruhi dan mendorong komunitas dalam media social ikut memberikan komentar.

Published at :
Written By
Martinus Fieser Sitinjak
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close