People Innovation Excellence

Perilaku Pasca Pembelian pada Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel

Source: http://gobigorgohomeblog.com/1180
Source: http://gobigorgohomeblog.com/1180

Perilaku pasca pembelian para millennial mom pada kelompok produk kids apparel hampir sama pada umumnya. Kekecewaan terhadap produk yang dibeli mengakibatkan mereka tidak kembali pada penjual tersebut. Mengenai produk yang tidak sesuai ekspektasi, para responden mengaku hampir tidak pernah kecewa dengan produk kids apparel yang mereka beli di toko fisik. Namun sebaliknya, online shop mendapatkan komentar negatif dari hampir seluruh responden, dengan kasus pada umumnya bahwa bahan dari pakaian yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan perkiraan mereka, seperti luntur saat dicuci atau membuat kulit anak iritasi. Akibatnya, mereka menjadi berpikir ulang untuk melakukan pembelian online lagi. Pembelian online kebanyakan dilakukan untuk produk apparel selain pakaian, yaitu sepatu dan aksesoris anak. Untuk pakaian, millennial mom lebih banyak membeli di toko secara fisik.

Bila millennial mom puas dengan produk yang dibeli, mereka akan melakukan re-purchase pada kali berikutnya dan memberikan rekomendasi pada sesame konsumen. Namun, rekomendasi dari para millennial mom ini bergantung dari karakter masing-masing, di mana millennial mom yang cenderung tomboy tidak terlalu aktif membagikan pengalamannya, hanya bila ditanya oleh sesamanya baru mereka bercerita. Sedangkan, millennial mom yang cenderung fashionista atau feminim, lebih aktif untuk men-share kepuasan mereka terhadap produk atau toko di mana mereka membeli. Namun rekomendasi untuk produk perlengkapan anak lainnya yang berhubungan dengan kesehatan atau makanan anak, diakui oleh para millennial mom lebih sering mereka lakukan daripada produk kids apparel, dengan alasan bahwa selera penampilan orang berbeda-beda.

Implikasinya bagi para pemasar adalah, mengingat kecenderungan millennial mom yang sebenarnya memungkinkan pemasar mengandalkan word of mouth namun merasakan bahwa pengalaman pada kelompok produk kids apparel tidak terlalu tepat untuk di-share, pemasar dapat memberikan stimulus sehingga tercipta word of mouth yang lebih aktif. Misalnya dengan mengadakan campaign untuk menciptakan viral marketing, atau kontes yang memberikan reward bagi para millennial mom yang melakukan share terbaik dan terbanyak mengenai produk mereka. Sementara itu, untuk mengatasi kekecewaan yang kebanyakan dialami oleh millennial mom saat membeli secara online, pemasar sebaiknya memberikan garansi dan rasa aman, misalnya dengan menyediakan kolom ‘review’ yang akan diisi oleh konsumen lainnya, di samping tentu saja dengan tetap memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan.


Published at : Updated
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close