People Innovation Excellence

Proses Keputusan untuk Membeli pada Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel

Rata-rata millennial mom setuju bahwa mereka tidak memiliki hanya 1 toko langganan untuk membeli produk kids apparel, melainkan ada beberapa toko tertentu yang biasa mereka kunjungi untuk melihat-lihat apakah ada model terbaru atau yang bagus, baru mereka membeli. Namun, untuk produk sepatu anak, millennial mom cenderung lebih loyal pada merk tertentu. Ada juga beebrapa millennial mom yang biasa membeli melalui personal selling, di mana teman-teman kantor mereka yang menjual.

Ketika melakukan pembelian, hampir semua millennial mom mengaku bahwa mereka hampir selalu ditemani suaminya. Selain itu, suami juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam keputusan pembelian. Mengingat kecenderungan millennial mom yang mudah terpengaruh hingga melakukan impulse buying, biasanya suami adalah pihak yang berperan sebagai ‘rem’ untuk menahan pembelian yang dirasa belum perlu. Millennial mom juga bertanya mengenai pendapat suami mereka tentang produk kids apparel yang akan dibeli, apakah bagus atau tidak, dan apakah matching dengan anaknya atau tidak.

Selain suami, ternyata sang anak juga merupakan salah satu penyumbang suara bagi keputusan pembelian yang dilakukan millennial mom. Satu hal yang berlaku bagi semua responden adalah bahwa sang anak nantinya bersedia memakai baju, sepatu, atau aksesoris yang telah mereka beli. Sehingga, untuk menghindari pembelian yang telah dilakukan sia-sia, maka beberapa millennial mom baru akan melakukan pembelian ketika mereka mengajak serta sang anak, untuk memastikan apakah anaknya mau memakai nantinya. Tapi keputusan utama tetap di tangan millennial mom. Seperti pengakuan dari responden berikut yang mewakili suara lainnya: “Kalau anaknya masih bisa dibujuk, biasanya tetap mengikuti kemauan ibunya, tapi kalau sang anak sudah sampai nangis, maka akhirnya kemauan sang anak yang akan diikuti.” Selain itu, beberapa millennial mom juga melakukan pembelian karena memenuhi permintaan sang anak, biasanya menyangkut gambar kartun di baju, atau warna baju, atau model sepatu yang ingin dimiliki oleh sang anak.

Implikasinya bagi para pemasar kids apparel adalah pengaruh situasional juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Pengaruh suami dan sang anak bagi millennial mom dalam melakukan keputusan pembelian, membuat pemasar harus menyasar aktivitas marketing bukan saja terhadap sang ibu. Kondisi mood anak bisa dipengaruhi agar ketika di toko, mereka setuju dengan pilihan sang ibu, atau bahkan me-request pembelian. Misalnya, toko dirancang bukan hanya sebagai tempat belanja bagi sang ibu, tapi juga menarik bagi sang anak, dengan menyediakan mainan atau fasilitas lainnya yang membuat anak tertarik untuk ‘ikut berbelanja’.

Pada akhirnya, tahap terakhir, yaitu perilaku pasca-pembelian, untuk segmen millennial moms pada pasar kids apparel, silakan lihat di artikel saya “Perilaku Pasca Pembelian pada Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel”.


Published at : Updated
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close