People Innovation Excellence

Proses Pencarian Informasi pada Segmen Millennial Moms pada Pasar Kids Apparel

Pada tahap pencarian informasi, millennial mom biasa meminta referensi dari dari ibu, teman, atau saudara, untuk bertanya-tanya mengenai produk kids apparel. Namun referensi tersebut tidak terlalu berpengaruh, sifatnya hanya sekedar menambah informasi. Diakui oleh beberapa responden bahwa, referensi dari orang lain akan lebih signifikan untuk produk-produk peralatan anak lainnya yang sifatnya lebih jangka panjang dan berhubungan dengan kesehatan, seperti peralatan makan dan minum.

Source: http://www.popsugar.com/moms/Best-Deal-Sites-Families-31014723
Source: http://www.popsugar.com/moms/Best-Deal-Sites-Families-31014723

Beberapa millennial mom yang waktunya banyak terserap oleh pekerjaan di kantor, tidak memiliki cukup waktu untuk browsing informasi mengenai produk kids apparel, sehingga proses pencarian informasi baru dilakukan secara singkat sambil berjalan-jalan di mall, ditambah dengan masukan dari teman atau keluarga. Namun, millennial mom yang memiliki waktu luang lebih banyak, seperti ibu rumah tangga atau sudah memiliki posisi manajerial di kantornya, umumnya akan browsing produk-produk kids apparel melalui Internet, terutama di online shop. Bahkan, millennial mom yang suka melakukan pencarian informasi di Internet ini lebih sering mengandalkan informasi yang mereka dapatkan melalui media tersebut daripada meminta referensi dari teman atau keluarga.

Millennial mom suka mencari model baju yang sedang tren untuk anak-anak mereka, seperti yang dinyatakan oleh salah 1 responden berikut ini: “Ibu jaman sekarang beda dengan jaman dulu, kalau jaman dulu membelikan baju untuk anak asal yang lucu saja, tapi sekarang kalau ibunya keren, anaknya juga harus keren, makanya ibunya akan berusaha mendandani anak lebih daripada jaman dulu.”

Pencarian informasi mengenai model baju untuk anak ini dilakukan dengan mengunjungi situs-situs online shop, melihat-lihat toko di mall, hingga memperhatikan apa yang dipakai oleh artis Korea di drama. “Kalau lihat drama Korea, bajunya lucu-lucu, jadi ingin mendandani anakku seperti itu,” papar salah seorang responden. Beberapa millennial mom juga mengaku sengaja berburu model baju yang menarik di mall-mall, untuk menunggu sampai model tersebut didiskon sehingga bisa membeli dengan harga yang lebih murah.

Seperti pendpat Aquino (2012) berikut: “With this generation, everything has to be visual and contextual. Gen Y processes information on an intuitive level. They will form impressions about a product based on how it looks and what it does, not what advertisers say about it.” Implikasinya untuk para pemasar produk kids apparel adalah dengan menyediakan informasi bagi para millennial mom melalui Internet, misalnya dengan menyertakan contoh artis atau model yang sedang bergaya menggunakan padu padan baju, sepatu, dan aksesoris produknya, juga dilengkapi dengan pendapat atau comment positif dari konsumen lainnya yang telah lebih dulu melakukan pembelian.

Silakan lihat ke artikel saya berikutnya “Proses Evaluasi Alternatif pada Segmen Millennial Moms dalam Pasar Kids Apparel


Published at : Updated
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close