People Innovation Excellence

Konsepsi dan Indikator Empirik Kewirausahaan [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Banyak para pakar yang melakukan studi kewirausahaan saat ini bergerak dalam lingkup yang terbatas karena mereka hanya fokus pada satu aspek kewirausahaan saja, misalnya mereka hanya fokus pada kegiatan kewirausahaan pada tingkat start-up bisnis. Selain itu, banyak dari mereka yang mengalami permasalahan, karena terlalu terpaku dengan masalah metodologik dan statistik, sehingga secara keseluruhan, langkah-langkah yang mereka tempuh kandas, terutama untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kewirausahaan. Sebagai contoh, salah satu kerangka yang banyak digunakan dalam menyusun definisi kewirausahaan adalah dengan menggunakan global entrepreneurship monitor (GEM), jumlah kegiatan kewirausahaan (TEA Indeks), dan menghitung populasi orang dewasa yang terlibat dalam kegiatan kewirausahaan. Pendekatan GEM dan TEA Index telah banyak dikritik oleh para peneliti, karena gagal mengukur kegiatan kewirausahaan yang terjadi di dalam organisasi bisnis, diantaranya adalah kegagalan dalam menggunakan data yang lebih baik dan kurangnya komparabilitas (Audretsch, 2002 dan Baumol et al, 2007). Karena sejumlah penelitian gagal membuat ukuran yang komprehensif tentang kewirausahaan, maka dalam kesempatan ini perlu kita bahas sejumlah indikator empirik yang dapat digunakan untuk membuat ukuran yang komprehensif. Dengan demikian dapat diperoleh suatu katalog indikator dari kegiatan penting kewirausahaan yang terhubung pada ke enam aspek utama kewirausahaan yang tercantum di atas. Melalui penelitian demikian akan terungkap keuntungan dan kerugian dari masing-masing indikator kewirausahaan. Diantara indikator yang sudah terungkap adalah:
• Rintisan bisnis: yaitu proses memulai sebuah bisnis baru, yang dengan itu orang membawa ide-ide ke pasar;
• Berwirausaha: yaitu sejumlah individu membuat pilihan pekerjaan dan mengambil risiko untuk bekerja pada diri mereka sendiri dan bukan untuk pihak majikan;
• Bisnis kecil: dalam hal ini bisnis kecil telah didefinisikan oleh para peneliti dengan cakupan memiliki pekerja dengan jumlah diantara 1-49 orang;
• Modal ventura: sumber daya yang diperoleh untuk tujuan investasi bagi potensi bisnis yang tengah mengarah pada pertumbuhan yang tinggi. Indikator yang unik ini dapat mengungkap banyak fungsi dalam proses kewirausahaan;
• Penelitian dan pengembangan (R & D): mengejar produk atau proses baru dalam menghadapi hasil yang belum diketahui; dan
• Paten: proksi untuk aspek inovatif kewirausahaan.
Tujuan menyeluruh dari pengembangan indikator ini adalah untuk mengembangkan ukuran yang komprehensif tentang kewirausahaan, dengan menawarkan dua rekomendasi kunci, yakni: 1) aspek umum kewirausahaan harus terbuka dibahas dari segi relevansi dan prioritas, sehingga kerangka konseptual terpadu untuk pengukuran dapat dibangun; dan 2) Indikator empirik perlu dibahas untuk menentukan apakah hal tersebut memenuhi sebagai ukuran komprehensif kewirausahaan.
Dengan mengukur kewirausahaan, kita akan mampu mengungkap dan memahami alasan mengapa sejumlah wilyah memiliki kelebihan dari yang lain, sehingga kita tidak ragu lagi untuk mempromosikan kebijakan yang akan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan kewirausahaan. Pemerintah di banyak negara dan disemua tingkatan telah mempromosikan kewirausahaan sebagai prioritas (OECD, 2006), disamping meluasnya pengakuan bahwa kewirausahaan sangat penting bagi kemakmuran ekonomi suatu masyarakat, bangsa dan negara(Baumol et al., 2007). Namun, meskipun minat dan fokus pada kewirausahaan semakin meluas, hampir belum ada ukuran komprehensif yang memadai untuk mengukur aktivitas kewirausahaan. Untuk menilai efektivitas kebijakan publik yang bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan, maka kita perlu terlebih dahulu menetapkan makna dan cara mengukurnya. Masalahnya, ketika kita mencoba memulai untuk mengukur kewirausahaan, kita juga dihadapkan pada lemahnya konsensus mengenai maknanya. Padahal pandangan bahwa kewirausahaan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara luas telah menjadi pegangan kita bersama, sementara definisi kewirausahaan terserak tanpa ada konsensus yang memadai. Kurangnya konsensus sehubungan dengan makna kewirausahaan telah menciptakan masalah, yakni beredarnya definisi kewirausahaan yang berbeda-beda dalam lingkup yang sempit. Dengan sendirinya, setiap langkah untuk menyediakan alat untuk membandingkan aktivitas kewirausahaan di berbagai tempat telah menemui kegagalan, terutama karena kurangnya suatu alat yang handal dan mudah dimengerti. Pusat kewirausahaan dan pasar di Fraser Institute telah merintis suatu inisiatif untuk mengisi kekosongan penelitian di bidang ini. Penelitian tersebut merupakan bagian dari proyek jangka panjang, dengan tujuan mengembangkan ukuran yang komprehensif bagi kegiatan kewirausahaan. Pengorganisasian penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian pertama, merangkum definisi yang paling penting dari kewirausahaan. Kegiatan ini menyoroti aspek umum dari berbagai definisi dan mengidentifikasi tantangan pengukuran yang bersifat potensial. Bagian kedua, membahas indikator empirik yang dapat digunakan dalam pengukuran yang komprehensif. Bagian ketiga, menyajikan kesimpulan dan rekomendasi dari penelitian tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close