People Innovation Excellence

Nafas Spiritual Kepemimpinan Dan Manajemen Bisnis [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Teori dan praktik kepemimpinan dan manajemen kontemporer dalam beberapa tahun terakhir ini telah melahirkan perspektif teori kepemimpinan dan manajemen baru di tempat kerja (workplace). Hal ini diawali dengan meningkatnya penelitian pada berbagai aspek dan dimensi spiritualitas di tempat kerja dan/atau pada dunia bisnis. Isu-isu seperti kepemimpinan dan pembelajaran di tempat kerja telah ditingkatkan dan diperluas oleh berbagai studi penelitian, yang berfokus pada hubungan timbal balik antara aspek spiritualitas dan makna kerja. Sejak awal Howard (2002) menyatakan bahwa: “baru-baru ini, istilah spiritual telah menggugah perhatian yang lebih besar dari para pakar dan pelaku bisnis bagi pengembangan organisasi dan manajemen “. Oleh karena itu, studi tentang spiritualitas di tempat kerja tidak lagi dipandang sebagai keprihatinan temporal semata terhadap dehumanisasi praktik manajemen yang cenderung mengokohkan materialisme, melainkan merupakan tema yang mampu menerangi pemahaman diseputar isu-isu manajerial dan proses kepemimpinan, serta pada proses pembelajaran di tempat kerja dan organisasi. Bahkan, studi tentang spiritualitas telah mulai dilihat sebagai bagian tak terpisahkan dari keberhasilan manajerial dan organisasi. Oleh karena itu Howard (2002) menambahkan bahwa “… tengah terjadi ledakan minat terhadap aspek spiritualitas sebagai dimensi baru dalam manajemen “. Namun demikian, studi tentang spiritualitas di tempat kerja adalah masalah yang sensitif yang perlu dipertimbangkan dampak, relevansi dan signifikansi praktisnya untuk lingkungan kerja.
Pada dasarnya, para pekerja merupakan bagian integral dari sistem manajemen. Dengan demikian, keputusan atau tindakan seorang pemimpin di tempat kerja mungkin berdampak positif atau negatif pada kondisi kehidupan, kesehatan, budaya, dan kepribadian para pekerja. Para pakar di lapangan telah menyadari bahwa untuk memaksimalkan pengambilan keputusan yang efektif, para pemimpin harus mengevaluasi dan menyadari persepsi para pekerja sekaligus persepsi mereka sendiri tentang kebutuhan, keinginan, harapan, nilai-nilai moral, dan spiritual. Dalam konteks kepemimpinan spiritual, sikap dan perilaku positif mungkin berkontribusi terhadap kesehatan mental para pekerja.
Tentu saja, dalam kesempatan ini kita perlu menjernihkan perbedaan antara arti “spirit” dan arti “leaders”. Dalam kamus “spirit” ” secara tradisional dipercaya sebagai prinsip penting yang mampu membangkitkan kekuatan makhluk hidup.” Dengan demikian, bangkitnya suatu semangat yang berkaitan dengan makna dari sesuatu. Sementara definisi “leaders” adalah “mereka yang menunjukkan jalan dengan memberi contoh atau mempelopori terlebih dahulu, sehingga orang lain tertarik untuk mengikuti tindakan atau garis pemikiran mereka. Dengan demikian, pemimpin adalah orang yang
mempengaruhi pengikut untuk berpikir dan/atau berperilaku dalam berbagai cara. Dengan menggabungkan kedua istilah tersebut menunjukkan bahwa para pemimpin menerapkan aspek spiritualitas ke dalam kepemimpinan dan manajemen, yang menyebabkan orang lain tertarik untuk memahami relung batinnya untuk mencapai “rasa bermakna” yang siginifikan antara dirinya dengan para pengikutnya. Dengan demikian, salah satu definisi spiritualitas dalam kepemimpinan adalah pendekatan holistik tentang kepemimpinan, dimana para pemimpin berusaha untuk mendorong rasa saling keterkaitan antara sesama para pekerja .


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close