People Innovation Excellence

Perilaku FOMO pada Generasi Millennial

‘Autis’, kata tersebut sebenarnya merupakan nama suatu kelainan di mana si penderita asyik dengan dunianya sendiri dan cenderungmengacuhkan lingkungan di sekitarnya. Namun, beberapa tahun terakhir, kata ini sering kita pakai untuk menyebut orang-orang yang terus-menerus asyik dengan gadget-nya sendiri, walaupun mereka sedang berada di tengah keramaian dan bahkan acara perkuumpulan dengan teman atau keluarganya.

Source: http://lifehacker.com/how-can-i-overcome-my-fear-of-missing-out-1148725866
Source: http://lifehacker.com/how-can-i-overcome-my-fear-of-missing-out-1148725866

Perilaku ‘autis’ tersebut sebenarnya lebih ‘etis’ kalau kita sebut dengan “Fear of Missing Out” (FOMO). Mungkin ada di antara Anda yang sudah pernah membaca mengenai fenomena ini. Bila kita tilik lebih jauh, salah satu penyebab dari orang-orang tidak mau lepas dengan gadget-nya, adalah mereka tidak ingin ketinggalan berita dari dunia luar. Mereka merasa ‘wajib’ meng-update status atau foto di akun media sosial mereka, dan sebaliknya juga ‘mengobservasi’ apa yang sedang terjadi di luar sana melalui newsfeef atau update status dari teman-teman mereka.

Kecenderungan untuk takut ketinggalan tren ini sebenarnya merupakan salah satu nature manusia sejak dulu, namun perilaku ini semakin menjadi di kalangan generasi millennial, akibat perkembangan Internet dan social media. Generasi millennial ini memang lahir dan tumbuh bersama Internet, sehingga mereka sudah lebih akrab dengan Internet disbanding generasi-generasi di atasnya. Dengan semakin maraknya pertumbuhan social media beberapa tahun ke belakang, maka perilaku FOMO ini semakin kental di kalangan Millennial. Mereka harus selalu update dengan berita-berita terkini, mengikuti event-event yang membuat mereka tidak ketinggalan jaman, serta mengkonsumsi dan memakai produk-produk yang sedang in.

Lalu, apa implikasinya bagi marketer? Tentunya fenomena ini merupakan salah satu bukti dari kedinamisan Consumer Behavior, yang harus selalu menjadi concern dari marketer bila tidak ingin ketinggalan moment. Lebih jauh mengenai perilaku FOMO ini dan implikasinya bagi aktivitas pemasaran, akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya. Sampai jumpa! J


Published at :
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close