People Innovation Excellence

Perilaku FOMO = Peluang Bagi Marketer?

Melalui artikel saya yang lalu, kita sudah membahas mengenai FOMO yang merupakan salah satu perilaku konsumen akhir-akhir ini, terutama konsumen Millennial. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah dampak dari semakin kentalnya perilaku tersebut terhadap aktivitas marketing yang dimotori oleh para marketer?

Tentu saja, marketer harus mencari berbagai cara untuk menciptakan ‘sense of urgency‘, karena pastinya konsumen Millennial merasa harus cepat-cepat ikut dalam ‘pusaran’ yang diciptakan marketer tersebut. Misalnya saja, dengan memanfaatkan label sakti ‘limited edition‘, ‘don’t miss out‘, atau sejenisnya untuk dibandrol pada produk yang ditawarkan. Bahkan, sebelum produk tersebut keluar, konsumen sudah disuguhkan dengan katalog berlabel ‘coming soon this month‘ atau ‘trending this season‘.

Source: http://www.polyvore.com/cgi/img-thing?.out=jpg&size=l&tid=56355890
Source: http://www.polyvore.com/cgi/img-thing?.out=jpg&size=l&tid=56355890

Selain itu, marketer juga sebaiknya menyadari signifikansi dari peran social media sebagai tools untuk menjangkau konsumen Millennial. Campaign limited edition dan sebangsanya tersebut lebih berfungsi sebagai perangsang awal, namun untuk dapat terus mempertahankan perhatian mereka agar terus terpusat pada brand kita, sangat dibutuhkan peranan social media. Dan tentunya diperlukan cara yang kreatif untuk dapat mengelola customer engagement di social media (yang akan saya bahas di artikel selanjutnya). Setelah mereka sudah terikat dengan brand kita di social media, maka akan lebih mudah untuk menembakkan peluru-peluru untuk menciptakan ‘sense of urgency‘ tadi.

 

 


Published at :
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close