People Innovation Excellence

MODEL KEPEMIMPINAN BISNIS ABAD 21 (Bagian 2)

oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kelima, keterampilan kolaborasi: persoalan organisasional saat ini tidak dapat diselesaikan secara sektoral semata. Menurut Cynthia McCauley, senior pada Center for Creative Leadership di Greensboro, North Carolina, mengatakan bahwa, “ para CEO perlu menciptakan suatu budaya yang mampu mendorong terjadinya suatu pertukaran ide yang muncul dari semua sudut organisasi”. Ditambahkannya, “kita membutuhkan lebih banyak manajer yang mampu bekerja melintasi batas-batas vendor dan mitra eksternal, di seluruh unit bisnis,” demikian katanya.
Keenam, berinovasi: terlalu sedikit pemimpin yang mampu menciptakan disain organisasi yang dirancang untuk mendorong inovasi. Kemampuan untuk memberikan solusi inovatif secara berkelanjutan memerlukan arsitektur organisasi strategik yang optimal untuk pertumbuhan bisnis. Peran kepemimpinan dalam menciptakan pertumbuhan saat ini akan berkutat diseputar “desain” organisasi, yaitu desain struktur organisasi yang menyebabkan organisasi menjadi lebih tangkas dan fleksibel, yang mendukung kolaborasi lateral dan daur waktu inovasi yang relatif cepat. Para pemimpin membutuhkan pemahaman tentang jenis disain organisasi terbaik yang dapat mendukung strategi dan model bisnis, serta bagaimana menanamkan kemampuan tersebut dalam suatu rentang waktu yang berkelanjutan. Salah satu bentuk disain organisasi yang mampu mendorong inovasi adalah desain organisasi yang tangkas (ambidextrous), dengan membuat unit organisasi yang berbeda dan memiliki proses unik mereka sendiri, dimana struktur dan budaya secara khusus ditujukan untuk mendukung inovasi-tahap awal. Unit-unit tersebut biasanya dibentuk terdiri dari satu atau lebih tim inovasi yang berada dalam organisasi induk untuk mendukung pendekatan, kegiatan dan perilaku yang unik yang diperlukan ketika meluncurkan bisnis baru. Organisasi besar seperti Procter & Gamble, Johnson & Johnson, Nokia, dan Kimberly-Clark telah membentuk dewan penasehat resmi dengan fokus membawa perspektif eksternal ke dalam organisasi bisnis yang ada, yang pada akhirnya akan mendorong inovasi dan membimbing investasi strategik. Mereka bekerja sama merumuskan pemikiran terbaik, yang bersumber baik dari dalam maupun dari luar organisasi, dalam struktur yang fleksibel dan berfokus pada satu tujuan, yakni menemukan, mengevaluasi dan mendorong peluang pertumbuhan bisnis. Perlu dipastikan bahwa kegiatan-inovasi terkait di berbagai bagian organisasi secara strategik berjalan selaras dan terkoordinasi, dan didukung oleh proses dan sumber daya yang tepat. Dari sudut pandang kepemimpinan, para CEO berperan menghapus hambatan internal sehingga suatu inovasi dapat dikelola secara efektif. Sementara dari internal organisasi sendiri dibentuk tim yang anggotanya dipilih dari unit-unit bisnis yang ada, yang bekerja sama untuk jangka waktu tertentu, guna mengidentifikasi peluang-peluang baru yang menggabungkan kompetensi bisnis yang ada. Tim ini, yang terdiri dari para ahli dibidang teknologi, perilaku konsumen, pemasaran, manufaktur, dan lain
sebagainya, dibentuk untuk membantu mengidentifikasi atau mengejar peluang yang menantang. Mereka semua terhubung ke jaringan pengetahuan mereka sendiri, dan juga terbuka sebagai pintu penghubung terhadap sumber daya strategik tambahan.

Proctor & Gamble telah memanfaatkan strategi inovasi terbuka dengan sukses besar dalam beberapa tahun terakhir ini. Sementara banyak bisnis secara historikal melihat upaya R & D mereka sendiri untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan, sedangkan sudut pandang dari strategi inovasi terbuka berpendapat bahwa logika bisnis saat ini telah berubah, dan bahwa organisasi bisnis saat ini harus merangkul strategi baru yang secara sistematik mampu memanfaatkan ide-ide, sumber daya dan teknologi dari luar. Hubungan dengan mitra eksternal seperti universitas, lembaga penelitian akademik, laboratorium milik pemerintah atau swasta serta para wirausahawan secara individual dapat membawa teknologi baru dan memacu wawasan segar yang dapat dikombinasikan dengan kompetensi internal untuk membuat kombinasi teknologi baru yang mendorong produk-produk baru. Komunitas inovasi terbuka dapat menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan internal dan eksternal organisasi, dimana organisasi bisnis dapat mengandalkan kecerdasan kolektif dan pengetahuan bersama untuk menghasilkan praktik bisnis terbaik. Komunitas tersebut merupakan sekelompok pemangku kepentingan kunci – baik di dalam maupun di luar organisasi – yang berbagi bidang pengetahuan atau praktik dan saling berinteraksi secara teratur untuk belajar antara satu dengan lainnya untuk memajukan tujuan pribadi dan organisasi. Kerangka kolaboratif ini merupakan cara memanfaatkan praktik terbaik organisasi dengan mengembangkan, mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan dari berbagai sumber. Sasaran akhirnya adalah membentuk budaya organisasi, mendorong inovasi, dan membantu mempertahankan dan merekrut bakat inovator secara terfokus. Sejumlah organisasi bisnis telah membentuk berbagai kelompok fungsional pada tingkat korporasi untuk memberikan pelayanan khusus, misalnya, “Corporate Marketing”, “Market Corporate Research”, dan “Central R & D”, yang berfungsi sebagai sumber daya pada unit-unit bisnis mitra mereka. Kelompok ini akan menawarkan seperangkat keahlian khusus yang tidak tersedia pada tingkatan unit bisnis masing-masing. Mereka dapat melakukan penelitian, misalnya analisis tren berskala besar, terlibat pada proyek jangka pendek, atau mencari sumber daya khusus ke pihak ketiga. Kelompok pelayanan tersebut bekerja selaras dengan kebutuhan masing-masing unit bisnis, sehingga mereka dapat memberikan nilai tambah secara eksplisit.

Desain struktur organisasi untuk inovasi tersebut tidak saling eksklusif, artinya sejumlah model dapat hidup berdampingan dalam suatu waktu yang bersamaan. Kesemuanya memiliki komitmen bagi pertumbuhan organisasi dan mendorong pendekatan strategik untuk suatu inovasi. Sementara beberapa struktur dapat muncul dan berkembang secara organik, seperti komunitas diatas, yang sengaja dibuat dan dikelola. Pada saat yang sama, organisasi dapat memperoleh manfaat dari “modal sosial” yang mendorong inovasi berkelanjutan, termasuk jaringan personal, kepercayaan lintas-fungsional dan nilai-nilai yang dianut secara bersama. langkah pertama adalah memahami model apa yang saat ini ada dalam organisasi, dan kemudian menilai sejauh mana berbagai struktur yang ada tersebut selaras dan mendukung tujuan strategik organisasi. Membangun proses yang mengatur fungsi konvensional mungkin lebih mudah jika dibandingkan dengan mengorganisir suatu fungsi inovasi dan pertumbuhan. Dengan gerakan “inovasi terbuka”, banyak pemimpin senior sekarang mengakui bahwa untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan, strategi dan pendekatan yang sama sekali baru diperlukan, bukan hanya mendorong strategi yang berorientasi pasar semata, akan tetapi juga mendorong strategi organisasi. Organisasi seperti Procter & Gamble, Johnson & Johnson, Nokia, dan Kimberly-Clark telah membentuk dewan penasehat resmi yang befolus membawa perspektif eksternal kedalam organisasi, guna mendorong inovasi dan membimbing investasi strategik. Tidak seperti lazimnya penasehat tradisional, dewan ventura ini bekerja sama untuk mencari pemikiran terbaik, baik dari dalam maupun dari luar organisasi, melalui struktur yang fleksibel dengan tujuan menemukan, mengevaluasi dan mendorong peluang pertumbuhan bisnis. Keanggotaan dewan venture biasanya meliputi CEO dan kepemimpinan eksekutif dari unit bisnis organisasi , ditambah 3 atau 4 orang narasumber eksternal. Para CEO internal menentukan kriteria seleksi untuk memilih anggota eksternal, menentukan portofolio peluang untuk meninjau, dan membuat keputusan investasi strategik. Anggota dewan eksternal dipilih berdasarkan pengetahuan pasar atau pengetahuan teknikal, dan memiliki jaringan hubungan industrial yang dapat mendukung peluang potensial. Mantan CEO dan/atau para eksekutif yang telah mencapai masa purna bakti, para pimpinan bisnis yang masih aktif, para pemodal ventura, dan para konsultan, yang kesemuanya dapat menjadi kandidat anggota dewan yang ideal, matang dan berpengalaman. Anggota eksternal menanamkan perspektif luar ke dalam organisasi dengan menyarankan kesempatan tambahan untuk mengeksplorasi, memberikan pendapat dan saran tentang portofolio serta investasi yang diusulkan, dan menghubungkan kontak ke luar untuk memajukan peluang khusus. Untuk mendirikan prakarsa demikian, para eksekutif perlu mendefinisikan sebuah piagam dan tujuan khusus organisasi. Untuk selanjutnya, para anggota yang bersumber dari eksternal serta berorientasi pada organisasi, portofolio, dan proses konsultasi direkrut. Pertemuan diantara mereka biasanya diadakan setiap tiga bulan, dengan kegiatan yang ditetapkan untuk mendukung terciptanya berbagai proyek atau peluang yang terbuka. Anggota dewan eksternal biasanya terikat pada pekerjaan selama periode satu tahun, yang setelah itu memungkinkan terjadinya rotasi berdasarkan fokus dan kebutuhan bisnis yang senantiasa berkembang.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close