People Innovation Excellence

ARAH PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN GLOBAL (Bagian 1)

oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Lingkungan bisnis telah berubah menjadi lebih kompleks dan menantang. Terdapat dua tema utama yang konsisten menjadi pembicaraan para pelaku bisnis, dan sekaligus menjadi tantangan terbesar bagi para pemimpin saat ini dan masa depan, adalah tentang kecepatan perubahan dan kompleksitas tantangan yang dihadapi. Dalam dekade terakhir ini banyak industri tengah memasuki masa perubahan yang semakin cepat. Resesi global terbaru, yang dimulai pada bulan desember 2007, telah memberikan kontribusi pada perubahan lingkungan yang berbeda dari 10 tahun yang lalu. Para CEO merasakan keprihatinan dari tumbuhnya kompleksitas pada lingkungan mereka, dan baru menyadari bahwa organisasi mereka belum dilengkapi oleh semacam “sistem tanggap darurat” untuk mengatasi kompleksitas ini. Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa kriteria yang membuat lingkungan menjadi tumbuh kompleks dan sangat sulit untuk dikelola, yakni:

  •  bahwa dalam lingkungan tersebut berisi sejumlah besar unsur yang saling berinteraksi;
  •  informasi dalam sistem lingkungan demikian sangat ambigu, tidak lengkap, bahkan sulit terbaca. Interaksi antar unsur dalam sistem sering bersifat nonlinier atau sirkuler dan bergerak ketat, sehingga suatu perubahan kecil dapat berdampak besar;
  •  suatu solusi harus dilakukan dalam sistem yang dinamik dengan hasil yang sulit diprediksi dan tidak dapat dipaksakan dari luar; dan
  •  unsur-unsur dan sistem lingkungan bisa berada dalam kondisi fluktuatif terus-menerus.

Selain faktor-faktor di atas, faktor yang paling umum sebagai tantangan bagi para pemimpin masa depan adalah:

  •  informasi yang berlebihan;
  •  keterkaitan sistem dan komunitas bisnis;
  •  rontoknya batas-batas organisasi tradisional;
  •  teknologi baru yang mengubah praktik kerja cara lama;
  •  nilai-nilai dan harapan yang berbeda dari generasi baru yang memasuki lapangan kerja; dan
  •  eskalasi globalisasi yang menuntut kebutuhan akan kepemimpinan antar dan lintas budaya.

Dengan demikian, lingkungan bisnis baru ditandai oleh tingkat keterkaitan dan peningkatan kompleksitas. Salah satu contoh kesulitan yang dihadapi para eksekutif adalah mengelola tim atau staf yang tersebar di seluruh dunia. Berdasarkan hasil penelitian, dimana ekonomi global telah saling berhubungan, maka para manajer tidak hanya harus fokus pada berbagai peristiwa di negara setempat (host country/ies), melainkan mereka juga dipaksa terus-menerus untuk menyesuaikan strategi dan taktik mereka untuk peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tantangan ini diperparah oleh kenyataan bahwa para manajer tersebut harus memimpin anggota tim atau staf dari berbagai kebangsaan yang berbeda, dari berbagai latar belakang nilai-nilai budaya yang berbeda, yang kesemuanya dikendalikan dan dioperasikan dalam zona waktu yang berbeda sebelum menangani kompleksitas tugas yang sesungguhnya. Tuntutan kompetensi bagi para pemimpin masa depan agaknya telah berubah, sehingga keterampilan umum yang sangat dibutuhkan adalah:

  •  adaptasi;
  •  kesadaran diri;
  •  fleksibilitas;
  • kolaborasi; dan
  • berpikir dalam pola jaringan.

Sebagai tambahan, suatu tinjauan pustaka tentang keterampilan yang diperlukan untuk pemimpin masa depan telah mengungkapkan berbagai atribut sebagai berikut, yakni:

  •  Hasil sutudi terhadap para CEO di IBM pada tahun 2009 menunjukkan bahwa keterampilan yang paling penting bagi para pemimpin masa depan adalah kreativitas;
  •  Hasil studi juga mengungkapkan pula bahwa para CEO memiliki kekhawatiran bahwa organisasi mereka akan kekurangan orang yang memiliki kemampuan untuk berpikir secara strategik dan mampu mengelola perubahan secara efektif, khususnya diberbagai wilayah belahan dunia dimana unit bisnis mereka tersebar; dan
  • Sementara Jeffrey Immelt, CEO dari General Electric menyatakan bahwa para pemimpin masa depan memerlukan suatu sistem yang nyaman untuk berfikir dalam menghadapi ambiguitas.

Disamping itu, keterampilan lain yang dibutuhkan saat ini adalah kemampuan berpikir kompleks, disamping kemampuan berpikir adaptif, kesadaran diri, daya fleksibilitas, kolaborasi, berpikir dalam pola jaringan, nyaman dengan ambiguitas, dan berpikir strategik. Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana kita akan menghasilkan kapasitas berpikir demikian? Dengan melihat tren tersebut, maka organisasi akan semakin bergantung pada departemen HR untuk membangun alur kepemimpinan dengan kemampuan berpikir “kreatif”, khususnya pada masa-masa yang sulit. Namun demikian, terdapat semacam apriori yang berkembang diantara para manajer dan eksekutif senior, bahwa program kepemimpinan yang sering mereka hadiri belum cukup untuk membantu mereka dalam mengembangkan kapasitas guna menghadapi tuntutan peran mereka saat ini. Berdasarkan hasil sejumlah penelitian, metode pengembangan yang paling umum dan sering digunakan saat ini adalah:

  •  Pelatihan;
  • Penugasan;
  • Belajar melalui berbuat (Action Learning);
  • Pembinaan eksekutif;
  • Mentoring; dan
  • Umpan balik.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close