People Innovation Excellence

Kesalahan dalam Positioning

Positioning merupakan cara pemasar dalam menetapkan posisi brand-nya di benak pelanggan. Salah satu faktor krusial dalam menentukan keberhasilan suatu brand adalah strategi positioning yang jitu, karena dengan memantapkan posisi yang jelas pada persepsi pelanggan, maka dengan sendirinya brand juga membedakan dirinya dari para kompetitornya.

Strategi positioning yang dilakukan secara tepat akan menuntun pemasar pada strategi marketing mix yang tepat pula. Pemasar harus senantiasa menjaga agar seluruh aktivitas pemasaran selaras dengan positioning yang telah ditetapkan dari awal, bila tidak ingin terjadi inkonsitensi pada pencitraan brand. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa positioning merupakan fondasi atau patokan dari strategi-strategi pemasaran berikutnya.

Source: http://creatage.com/brand-positioning-different-in-this-case-is-good/
Source: http://creatage.com/brand-positioning-different-in-this-case-is-good/

Namun, ada kalanya strategi positioning yang telah ditetapkan tidak efektif, karena pemasar melakukan kesalahan dalam melakukan positioning tersebut. Jenis-jenis kesalahan yang sering dilakukan pemasar dalam strategi positioning di antaranya:

Under-positioning, yaitu ketika konsumen tidak menangkap keunikan brand secara jelas yang ingin disampaikan oleh pemasar melalui positioning, dan dengan begitu konsumen tidak memperoleh gambaran dan informasi yang utuh mengenai citra dari brand tersebut. Dengan kata lain, persepsi konsumen mengenai brand tersebut yang ingin dibentuk oleh pemasar meleset, karena brand dipersepsikan terlalu mengawang-awang. Hal ini dapat terjadi dikarenakan usaha penyampaian positioning yang tidak terintegrasi secara menyeluruh atau konsep komunikasi positioning yang kurang mantap.

Over-positioning, yaitu ketika konsumen justru menangkap pemahaman yang terlalu sempit atau terlalu spesifik mengenai brand tersebut. Hal ini dapat terjadi dikarenakan konsumen terlalu diekspos oleh komunikasi positioning yang berat di satu titik, sehingga konsumen mempersepsikan suatu brand hanya melulu berkaitan dengan hal yang diekspos tersebut.

Confused positioning, terjadi ketika konsumen menjadi bingung terhadap positioning yang sebenarnya ingin disampaikan oleh suatu brand, sehingga posisi brand menjadi tidak jelas di benak konsumen. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pesan positioning yang sering disampaikan dengan berubah-ubah, dan tidak ada konsistensi pesan pemasaran.

Doubtful positioning, di mana konsumen tidak bisa diyakinkan dengan pasti mengenai positioning yang disampaikan oleh suatu brand. Konsumen ragu apakah betul brand tersebut memiliki performa sebaik yang disampaikan atau brand tersebut cukup pantas untuk menyandang image seperti yang disampaikan. Hal ini mungkin terjadi karena brand belum bisa menyelaraskan pesan positioning yang disampaikan dengan performa nyata yang diberikan kepada konsumen.

 

Untuk dapat berhasil dalam memantapkan positioning, memang diperlukan usaha yang tidak mudah dan membutuhkan koordinasi serta integrasi dari setiap unit yang terkait, bukan hanya marketing strategist. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan dalam positioning di atas, maka diharapkan positioning yang telah ditetapkan dapat menampilkan image yang positif dan menonjolkan keunikan brand di antara kompetitornya.


Published at :
Written By
Annetta Gunawan
SCC International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close