People Innovation Excellence

Marketing is More Complex and More Interesting than just Sales Activities

Source: http://www.syekinah.com/2015/01/cara-belajar-marketing-dan-pemasaran/
Source: http://www.syekinah.com/2015/01/cara-belajar-marketing-dan-pemasaran/

Beberapa waktu lalu, saya sempat berbincang sebentar dengan seorang dosen senior sambil berjalan dari ruang akademis menuju ruang kelas kami masing-masing. Dosen senior tersebut bertanya kepada saya, “Mengajar kuliah apa?”, lalu saya jawab “Rumpun saya di Marketing, Bu”. Kemudian beliau menimpali kembali “Oooh, Marketing mah gak susah ya, cuma yang penting praktek jualan aja”. Saya hanya tersenyum saja menanggapi jawaban beliau, dan tidak lama kemudian kami berpisah karena saya sudah sampai duluan di ruang kelas saya.

Beberapa hari kemudian, saya menceritakan hal ini dengan partner saya sesama dosen Marketing. Saya melampiaskan ‘kegalauan’ saya terhadap jawaban dosen senior tadi kepada partner saya. Saya memang tidak bertanya beliau mengajar di rumpun mana, tapi asumsi saya, setidaknya orang-orang yang berkecimpung dalam dunia akademik memiliki pemahaman mengenai Marketing yang lebih luas daripada itu.

Maka timbullah pertanyaan, apakah Marketing merupakan ilmu yang tidak terlalu penting dipelajari karena hanya menyangkut aktivitas penjualan saja? Saya pribadi sangat tidak setuju dengan anggapan ini. Marketing jauh lebih luas dan jauh lebih interesting daripada itu. Marketing mencakup seluruh proses mulai dari mengidentifikasi pasar dan membaginya ke dalam segmen-segmen yang berbeda, memilih target pasar yang akan dilayani, menentukan bagaimana kita memposisikan brand kita pada benak konsumen, kemudian menentukan strategi produk, branding, harga, distribusi, dan promosi yang paling sesuai untuk masing-masing target pasar, dan selanjutnya menyusun strategi bagaimana cara membangun dan mempertahankan relasi berkepanjangan dengan pelanggan.

Satu bagian aktivitas saja dalam Marketing terbagi lagi menjadi elemen-elemen yang lebih spesifik. Dalam bagian advertising saja contohnya, banyak sekali aktivitas yang harus dikerjakan, termasuk di dalamnya traditional advertising dan digital advertising, yang di dalam masing-masing tercakup banyak peran yang lebih khusus lagi, seperti digital strategist, researcher, dan media planner.

Sekian banyak aktivitas yang yang dilakukan oleh Marketing, sebenarnya hanya berujung pada 1 tujuan, yaitu menciptakan dan terus meningkatkan value bagi konsumen, hingga akhirnya tercapai yang namanya customer delight. Dan tentunya hal ini akan secara tidak langsung berdampak pada loyalitas pelanggan dan menghasilkan profit jangka panjang bagi perusahaan.

Pada intinya, Marketing merupakan satu proses yang panjang dan kompleks, serta membutuhkan pengetahuan, keahlian, dan kreativitas dari pelakunya. Nah, sekarang, jangan berasumsi bahwa Marketing sesempit aktivitas penjualan saja ya 🙂


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close