People Innovation Excellence

Rencanakan Liburan Yuuk…!

Oleh Mulyono, SE., MM

“Liburan semester nanti mau kemana ya?” ujar seorang mahasiswa dikantin kampus saat makan siang, temannya yang diajak bicara menyahut dengan santai “kayaknya liburan nanti nga kemana – mana, karena lagi nga ada uang”. Percakapan ini sepertinya sudah tidak asing bagi kita, dimana keinginan kita untuk liburan dapat terhambat gara – gara tidak ada dana atau kita tidak mempersiapkan dana untuk liburan tersebut.

Berbicara mengenai liburan tentunya menjadi event yang kita tunggu, salah satunya adalah libur semesteran yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan juga dosen untuk meluangkan waktu dengan berlibur sambil melepaskan penat dari rutinitas sehari – hari. Memang dengan menikmati perjalanan dan pergi berwisata dapat memberikan suasana yang berbeda yang dapat kita harapkan akan memberikan kesegaran untuk menghadapi aktivitas setelah liburan.

Biasanya tujuan liburan sudah ditetapkan jauh hari sebelumnya, semakin jauh tempat berlibur yang dituju tentunya persiapannya akan lebih banyak, mulai dari kondisi kesehatan yang prima, bekal di sepanjang perjalanan dan sebagainya. Nah, bila persiapan berlibur sudah matang, sekarang tinggal satu persiapan yang penting dan sering jadi kendala dalam mempersiapkan liburan yaitu dana liburan.

 

Mempersiapkan dana liburan

Dalam mempersiapkan dana liburan, hal pertama yang perlu diketahui adalah berapa dana yang dibutuhkan?, jika sudah kita hitung semua kebutuhan dana liburan, maka dapat diketahui berapa dana yang perlu dipersiapkan. Langkah selanjutnya adalah menentukan kapan waktu berliburnya?, disini kita bisa tentukan apakah ingin berlibur dalam waktu dekat misalnya 6 bulan atau masih beberapa tahun lagi keinginan berliburnya. Langkah terakhir yang perlu kita tentukan apakah dalam mempersiapkan dananya hanya sekali saja atau beberapa kali dengan cara melakukan angsuran.

Misalnya begini, kita ingin berlibur ke Bali, setelah dihitung dana yang dibutuhkan adalah Rp5 juta rupiah, rencana liburan 2 tahun dari sekarang apabila alokasi dana liburan ditempatkan pada rekening bank dengan bunga 6% per tahun, maka dana yang kita butuhkan apabila mempersiapkan dananya hanya sekali adalah sebagai berikut:

PV =  FV / (1 + r)

         = Rp. 5.000.000 / (1 + 6%)2

         =  Rp4.449.982

 

Dimana :

PV (present value) adalah dana yang perlu disiapkan saat ini

FV (future value) adalah kebutuhan dana untuk liburan

r (rate) merupakan suku bunga per tahun

n adalah periode bunga diberikan dalam tahun

 

Jadi, kita perlu mempersiapkan sekitar Rp4.450.000 (dibulatkan) untuk liburan tersebut, btw metode perhitungan untuk dana liburan ini diperoleh dari matakuliah Matematika Bisnis, untuk menyegarkan ingatan kita dapat kembali membuka textbook-nya.

 

Apabila dana sekitar Rp4,5 juta tersebut dirasakan terlalu berat, maka kita dapat mempersiapkannya dengan cara angsuran (annuity), sehingga perhitungannya menjadi sebagai berikut :

 

A = FV / ((1 + i)n – 1) : i)

= Rp. 5.000.000 / ((1 + 0,5%)24 – 1) : 0.5%)

= Rp196.603

 

Perlu dicermati pada perhitungan angsuran diatas, n merupakan jumlah berapa kali rencana angsurannya, dimana pada contoh tersebut adalah 24 bulan, sedangkan untuk suku bunganya adalah perbulan, nilai bunga 0,5% diperoleh dari 6% pertahun dibagi 12 bulan, sehingga bila kita mempersiapkan dananya secara angsuran bulanan maka kita perlu menyisihkan sekitar Rp196.600 perbulannya (dibulatkan).

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan dana liburan yaitu besaran dana yang dibutuhkan sedapat mungkin tidak berubah, untuk itu perhatikan efek inflasi berupa kenaikan biaya perjalanan, tiket, akomodasi dan lainnya. Penentuan suku bunga simpanan dapat berupa suku bunga tabungan atau deposito, suku bunga deposito saat ini dikisaran 7,50% pertahun yang biasanya lebih besar dari suku bunga tabungan. Selain itu penentuan suku bunga dapat diganti denganimbal hasil reksadana apabila penyimpanan dana liburan tersebut dalan bentuk investasi di reksadana.

 

Untuk perhitungan jumlah dana yang perlu disimpan perbulan, dapat disesuaikan dengan kemampuan kita masing – masing, caranya adalah dengan memperpanjang atau memperpendek jangka waktu angsuran simpanannya, jadi apabila kita ingin dana tersebut terjangkau maka kita dapat merencanakan liburan tersebut dalam jangka waktu yang lebih panjang misalnya 3 tahun dari sekarang. Cara angsuran simpanan dalam jangka panjang ini sebenarnya sudah dipraktekan olah para orang tua kita sejak dahulu, misalnya dalam mempersiapkan dana untuk naik haji, dana tersebut dipersiapkan bertahun – tahun sebelumnya.

 

Dengan demikian apabila kita memiliki rencana untuk berlibur, persiapkan rencana tersebut dengan matang, mulai dari tujuan wisata, apa saja yang perlu dibawa dan sebagainya, tentu saja jangan lupa mempersiapkan dana liburan tersebut supaya rencana liburan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Oke dech selamat merencanakan liburan !.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close