People Innovation Excellence

PAHAMI PERILAKU KONSUMEN INDONESIA DENGAN GOOGLE CONSUMER BEHAVIOUR (Part 1)

Saat ini konsumen begitu dimanjakan dengan berbagai produk yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan. Era produsen mengendalikan konsumen telah berlalu dan telah digantikan dengan era dimana konsumen memegang kendali. Konsumen yang mendikte produk apa yang seharusnya diproduksi oleh perusahaan. Perusahaan harus berfokus pada konsumen, konsumen adalah bagian terpenting dari perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengerti bagaimana konsumenya berperilaku. Pada dasarnya perilaku konsumen merupakan tindakan atau perilaku, termasuk di dalamnya aspek-aspek yang mempengaruhi tindakan itu, yang berhubungan dengan usaha untuk mendapatkan produk (barang dan jasa) guna memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen melibatkan interkasi antara pengaruh afeksi dan kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar.

Selain itu, kemajuan teknologi sekarang ini telah merubah perilaku konsumen. Perkembangan teknologi sudah sangat pesat membuat perubahan yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen. Dampak perkembangan tersebut perilaku konsumen telah merubah ke arah modernisasi atau sekarang kita mengenal juga istilah netizen. Mulai dari perkembangan televisi, ponsel atau smartphone, internet, dll. Perkembangan-perkembangan tersebut secara otomatis mempengaruhi perilaku, kebiasaan, kegiatan masyarakat secara keseluruhan, terutama dalam ruang lingkup pemasar yaitu pola perilaku pengambilan keputusan pembelian konsumen.

Google membantu para pemasar untuk dapat mempelajari perilaku konsumen dalam interaksinya dengan teknologi melalui media platform Google Cunsumen Barometer. Sebenarnya alat ini sudah lama diluncurkan oleh Google, tetapi survei untuk negara Indonesia baru masuk di tahun 2014-2015 ini. Google berkerjasama dengan Hive untuk merancang dan mengembangkan aplikasi intuitif sederhana yang akan memungkinkan orang untuk mengeksplorasi dan menginterprestasikan temuan. Ini merupakan sebuah alat yang membuat angka data set besar sederhana, sehingga pengguna dapat mengajukan pertanyaan, menemukan wawasan baru dan nilai-nilai lainnya.

Gambar 1. Tampilan Home Consumer Behaviour Google
Gambar 1. Tampilan Home Consumer Behaviour Google (source: : https://www.consumerbarometer.com/en/)

Published at :
Written By
Alex Maulana M
Faculty Member of International Marketing Department
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close