People Innovation Excellence

Blue Ocean Strategy Mengajak Kita untuk Berpikir Outside The Box (part 1)

Dewasa ini kita menjumpai adanya persaingan bisnis yang semakin lama semakin ketat. Hampir dipastikan tidak ada satupun perusahaan swasta yang tidak memiliki pesaing. Bahkan perusahaan pemerintah atau badan usaha milik negara juga memiliki pesaing, baik yang sifatnya sejenis tidak maupun yang tidak sejenis. Yang paling sering terjadi ketika persaingan menjadi semakin ketat, pemain dalam industri yang sama menjadi semakin banyak, tindakan yang umumnya dilakukan orang adalah dengan membanting harga, menjual dengan harga lebih murah, untuk mengambil pangsa pasar dari pesaing. Namun pendekatan yang digagas oleh Chan Kim dan Mauborgne (2005) yaitu Blue Ocean Strategy mengajak kita untuk mengambil tindakan yang berbeda.

Pelaku usaha dan praktisi bisnis banyak membuat produk dengan diferensiasi atau perbedaan. Sesuatu yang menjadi ciri khas dari sebuah produk, untuk membedakan produk tersebut ketika dibandingkan dengan pesaingnya. Blue Ocean Startegy atau BOS mengatakan bahwa selama ini kita hanya berfokus pada bagaimana menghasilkan produk yang unik, dan menarik, tetapi masih tidak berani untuk keluar dari batasan atau pakem yang telah berlaku secara umum (thinking outside the box). Misalnya: makanan cokelat biasanya dikombinasikan dengan kacang, pengedali permainan video berbentuk kotak digenggam dengan kedua tangan, kue donat untuk segmen pasar anak-anak, dan lain-lain. Kerangka atau batasan yang telah ada tersebut, seringkali membatasi kreasi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru yang diluar dari pakem atau pendapat yang berlaku umum.

Beberapa contoh kesuksesan dari produk-produk atau brand yang menganut paham BOS ini adalah J.CO Donuts, perusahaan retailer asal Indonesia dengan produk utama donat ini pada awal berdirinya berani menantang market leader yang menguasai pangsa pasar global, yaitu Dunkin Donuts. Donat yang pada waktu itu segmen dan imagenya adalah makanan anak-anak. Saya masih ingat semasa saya sekolah dasar dulu, kerapkali melihat iklan Dunkin Donuts dalam bentuk komik strip di majalah anak-anak, Bobo. J.Co sebagai pemain baru tidak menggunakan loss leading pricing, seperti yang dilakukan orang kebanyakan, tetapi menerapkan Blue Ocean Strategy,berani bertindak outside the box dengan membuat donat untuk segmen pasar orang dewasa, desain produk dan bauran produknya juga disesuaikan dengan segmen orang dewasa. Langkah J.CO tersebut ternyata menuai sukses yang luar biasa. Sekarang ini hampir disetiap kota-kota besar di Indonesia telah berdiri gerainya.

 

Reference

Kim W.C., Mauborgne R, Blue Ocean Strategy: How to create Uncontested Market Space and Make Competition Irrelevant, Harvard Business School Press, 2005

Lindic J, Bavdaz M, Kovacic H, Higher Growth Through The Blue Ocean Strategy: Implication for Economic Policy, Elsevier, 2012


Published at :
Written By
Bambang Leo Handoko
Faculty Member of International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close