People Innovation Excellence

Blue Ocean Strategy Mengajak Kita untuk Berpikir Outside The Box (part 2)

Contoh lain adalah Nintendo dengan produk Nintendo Wii, perusahaan manufaktur permainan video asal Jepang ini mendesain pengendali permainan dengan desain yang outside the box, kalau biasanya pengedali berbentuk persegi yang digenggam dengan kedua tangan dan digunakan tombol yang ditekan dengan jari untuk menggerakan permainan. Maka Nintendo membuat pengendali yang diberi nama Nunchaku yang berbentuk seperti double stick digunakan secara interaktif, digerakan seperti berolah raga, digoyangkan, bahkan diayun seperti menggerakan raket tenis. Ide ini bahkan merubah anggapan orang bahwa permainan video membuat orang hanya duduk, kurang bergerak dan tidak sehat, karena dengan pengendali seperti ini, si pemain diajak bergerak dan mengikuti irama dalam permainan.

Apa yang menjadi hambatan kita untuk menerapkan Blue Ocean Strategy dan membuat inovasi bisnis yang berhasil seperti contoh diatas?

Masyarakat kita di Indonesia seringkali takut untuk berpikir dan bertindak secara outside the box. Bangku sekolah seringkali mengajarkan siswa-siswinya untuk berpikir secara statik, harus sama persis, berbeda berarti salah. Anak-anak kita dididik untuk menghapal dan takut salah. Karena kalau berbeda berarti salah dan kalau salah nilai dikurangi. Hal tersebut terjadi selama bertahun-tahun, dan tertanam pada alam bawah sadar siswa. Setelah dewasa nanti siswa/siswi telah terbentuk menjadi orang-orang yang takut untuk berpikir berbeda, tidak berani keluar dari anggapan yang telah berlaku umum.

Menyadari hal tersebut, marilah kita mulai belajar untuk berani berpikir secara outside the box, Selama itu masih sesuai dengan norma yang berlaku, dan tidak merugikan orang lain, mengapa tidak? Kita bangun pemahaman yang baru dan kebebasan berpikir, bekreasi, meciptakan value dan berinovasi.

 

Reference

Kim W.C., Mauborgne R, Blue Ocean Strategy: How to create Uncontested Market Space and Make Competition Irrelevant, Harvard Business School Press, 2005

Lindic J, Bavdaz M, Kovacic H, Higher Growth Through The Blue Ocean Strategy: Implication for Economic Policy, Elsevier, 2012


Published at :
Written By
Bambang Leo Handoko
Faculty Member of International Marketing
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close