People Innovation Excellence

Soul of Tanjung Lesung – SoBM Students Won 1st Place on National Marketing Competition

National Marketing Competition adalah sebuah lomba yang diadakan oleh Himpunan Manajemen Ekonomi jurusan Manajemen UNIKA Atma Jaya, Jakarta. Lomba ini mengambil tema Rise Up Your Creativity and Pride of Nationalism by Explore Indonesian Culture and Tourism. Lomba ini terdiri dari dua kegiatan yaitu Studi kasus dan Presentasi video yang sudah harus dipersiapkan sebelumnya oleh para peserta. Peserta terdiri masing-masing minimal dua orang dan maksimal tiga orang. Lomba ini diadakan pada tanggal 8 April 2015 di UNIKA Atma Jaya, Jakarta. Dalam kompetisi ini, para peserta menyediakan video yang berisi pemasaran atau perkenalan salah satu kebudayaan di Indonesia yang memiliki perencanaan marketing mengenai promosi dan pemasaran terhadap budaya, kekayaan alam, pariwisata, di wilayan berpotensi di Indonesia.

Kami Agustinus Fedrian (1701298674), Daniel Bagas Adityoputro Naibaho (1701301851), dan Herlina (1701304903) sebagai perwakilan Universitas Bina Nusantara mengikuti lomba ini atas usulan dari HIMME. Awalnya, kami ragu untuk mengikuti lomba ini karena waktu pengumpulan video kurang dari 1 bulan sekitar 3 minggu waktu yang tersisa, sedangkan kami belum memikirkan konsep apa yang akan kami ambil. Tetapi setelah kami rundingkan bersama dan mengambil konsep yang tepat dengan waktu cepat. Kami memilih untuk mengikuti lomba ini dan mengambil salah satu Destinasi hiburan yaitu Tanjung Lesung. Kami merasa Tanjung Lesung merupaka tempat yang tepat karena kami melihat bahwa banyak orang yang masih belum mengenal Tanjung Lesung dan ingin mengekspos tempat ini sebagai salah satu destinasi liburan saat weekend bagi keluarga di Indonesia, khusunya Jakarta. Tanjung Lesung adalah sebuah daerah di Pandeglang, Banten berupa sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut.

Setelah kami melakukan konsultasi dengan Dosen pembimbing kami, yaitu Ibu Annetta, akhirnya kami menemukan tema yang tepat dan Judul dari video ini adalah SOUL (Secret, Oceanic, and Unexpected, Locality) OF TANJUNG LESUNG. Penjelasan Tag line sebagai berikut.

Secret : Menggambarkan tanjung lesung sebagai objek wisata yang letaknya jauh dari keramaian kota dan sebagai tempat untuk menenagkan diri. Tanjung Lesung juga memiliki Hutan Mangrove yang masih sangat asri dan destinasi wisata baru yang sedang dibuat yaitu Desa Wisata Suku Badui.

Oceanic : Menggambarkan Tanjung Lesung memiliki pantai yang sangat bersih dimana turis dapat melakukan permainan olahraga air dan melihat terumbu karang yang sangat indah.

Unexpected Locality : Menggambarkan Tanjung Lesung sebagai salah satu tempat yang tidak terduga karena pengunjung dapat melihat pemandangan gunung krakatau. Dan pengalaman liburan yang sangat berkesan, serta masyrakatnya yang ramah terhadap pengunjung. Video ini menceritakan tokoh utama yang bingung untuk mencari alternatif liburan di Jakarta dan sangat ingin liburan ke luar negeri bersama teman-temanya. Kami memposisikan Tanjung Lesung sebagai solusi dan alternatif masyarakat Jakarta yang ingin melakukan liburan jangka pendek dan tempat yang tidak jauh dari Jakarta. Kami mengharapkan dengan adanya video ini, Tanjung Lesung menjadi salah satu alternatif tempat liburan bagi masyarakat Indonesia, khusunya Jakarta. Kami harap para pengunjung tertarik untuk datang ke Tanjung Lesung dan dapat merasakan SOUL OF TANJUNG LESUNG.

secret of tanjung lesung

Dalam waktu yang kurang dari 1 bulan kami mempersiapkan judul video, tag line, maupun pembuatan video ini. Pembuatan judul dan Tag line telah mengalami pergantian berkali kali sampai menemukan yang tepat. Selain itu, kami juga membuat skenario cerita saat pembuatan video di Tanjung Lesung. Kami ingin memberikan video iklan tentang Tanjung Lesung dan membrikan pesan kepada penonton lewat video ini. Kami terjun langsung datang ke Tanjung Lesung untuk melakukan eksplorisasi dan menempilkan sesuatu yang berbeda. Dalam pembuatan video ini, tidak hanya kami bertiga yang terlibat tetapi kami mengajak teman kami dan saudara sepupu Herlina untuk membantu shooting di Tanjung Lesung. Mereka adalah Sonia Suki dan Leoni Ancella. Kami berlima satu tim pergi menggunakan mobil ke daerah Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten pada tanggal 20-22 Maret 2015. Perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung memerlukan waktu 4 jam sudah termasuk macet. Kami pergi sekita pukul 13.00 dan sampai di Tanjung Lesung pukul 17.15 sore. Perjalanan panjang itu kami lewati dengan gembira dan senang. Hawa pantai dan hawa laut sudah kami nantikan ketika kami sampai di Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung terlihat seperti komplek daerah yang memang sudah dibuat sebagai tempat rekreasi dan liburan bagi keluarga dan masyarakat. Kami memasuki Komplek Tanjung Lesung seperti masuk ke daerah hutan banyak pohon besar dan sangat alami selain itu banyak juga domba dan lewat seperti monyet yang masih berkeliaran di sekitar Pohon. Awal tujuan kami ketika sampai disana adalah menuju ke Restoran Calica yang berada di pojok aera Tanjung Lesung. Kami langsung disuguhkan dengan pemandangan yang sangat mengagumkan deras ombak laut yang seakan memanggil untuk berenang dan matahari yang melebarkan cahaya dengan sinar indahnya bewarna jingga kekuningan yang sudah mulai redup karena akan terbenam. Kami langsung mengambil adegan sunset disana dan shoot pemandangan sore yang sangat mengagumkan. Dari pantai itu terlihat juga ada 2 gunung yaitu Gunung Krakatau dan Gunung anak Krakatau. Setelah itu kami mempersiapkan diri untuk sesi makan malam. Adegan ini kami lakukan di tepi pantai dengan pakaian elegan serba putih dan eksklusif. Kami ingin memberikan kesan Secret bahwa Tanjung Lesung merupakan pantai yang eksklusif bagi pengunjung. Dengan menghidangkan makanan laut yang mengunggah selera sangat nikmat dengan suasana sekitar pantai yang mendukung.

Selesai makan malam, Kami tidak menginap di penginapan Tanjung Lesung karena harganya sangat mahal dan keterbatasan biaya akhirnya kami memutuskan untuk menginap di homestay yang letaknya tidak jauh dari komplek Tanjung Lesung hanya sekitar 5 menit perjalanan. Setelah kami beristirahat, keesekon harinya kami menuju komplek Tanjung Lesung kembali dan pergi ke Pantai umum yang ada di Tanjung Lesung. Pada hari adalah hari libur yaitu Hari Nyepi sehingga sangat ramai pengunjung yang datang dan kami mengalami sedikit kesulitan untuk mengambil adegan shoot. Akhirnya, kami mencari daerah pantai yang sepi yaitu di unjung pantai untuk melakukan shoot video dan mengambil setiap adegan. Setelah kami melakukan shoot di daerah pantai, kami menyewa sepeda untuk bisa lebih bersatu dengan alam dan melihat keindahan Tanjung Lesung dengan lebih intim. Suasana yang sangat mendukung membuat adegan shoot naik sepeda sangat menyenangkan dan berjalan lancar. Kami juga sempat berinteraksi dengan masyarakat yang menetap sangat ramah dan bersahabat. Kami melihat pemandangan sawah hijau yang begitu luas dan sangat indah berbeda sekali dengan pemandangan saat berada di Kota yang penuh dengan polusi dan kepenatan kota Jakarta. Kami menemukan pantai Calica yang sepi dan airnya masih sangat jernih, pasir putih yang lembut, dan deraian suara ombak, kita bisa melihat ikan berenang dengan kasat mata. Benar-benar surga dunia dan pengalaman yang sangat menyenangkan bisa sampai berada di sana. Pantai itu terliaht sepi karena pengunjung banyak yang pergi ke pantai umum dan memang letaknya agak jauh. Setelah itu kami mengambil shoot di daerah jembatan dekat pantai. Dari sana, kita bisa melihat terumbu karang yang langsung bisa terlihat dari bawah laut. Sungguh indah dan laut yang jernih, pemandangan yang jarang sekali terlihat apabila berada di Kota. Dari sana kita bisa melihat banyak orang yang sedang melakukan water sport seperti jets sky, berenang, dan snorkeling. Tak terasa waktu sudah berganti sore, kami pun mulai lelah dan memutuskan untuk mengambil shoot terakhir yaitu sunset. Tapi, sayangnya sinar matahari sunset saat itu kurang begitu bagus karena tertutup awan dan mendung. Untungnya, shoot sunset sudah didapat di hari sebelumnya. Hari pun menjelang malam dan kami memutuskan untuk pulang kembali ke rumah salah satu teman kami yaitu Leoni di daerah Cilegon. Dari Tanjung Lesung perjalanan selama 4 jam menuju ke Cilegon karena kami menempuh jalan di malam hari dan medan perjalanan yang berliku-liku. Dan Keesokan harinya, kami kembali pulang ke Jakarta.

Waktu yang tersisa semakin sedikit, mau tidak mau kami harus mengorbankan waktu untuk menyelesaikan editan video. Kurang lebih editan video selama dua minggu. Kami juga meminta teman kami yaitu Yohanes untuk membuat logo dan Tag line yang cocok. Setelah itu kami melakukan editan dengan Sonia sampai video rampung dengan susah payah dan perjuangan.

Perlombaan baru saja dimulai, kami perwakilan dari Universitas Bina Nusantara sebagai Tim 1 siap untuk melakukan perlombaan di Atma Jaya. Lomba diadakan pada tanggal 8 April 2015 pada pukul 09.00 di UNIKA Atma Jaya, Jakarta. Terdapat 2 juri, yaitu Dosen dari Atma Jaya dan Marketing dari Dwidaya Tour. Kami siap bersaing dengan menunjukan yang terbaik dan menjadi pemenang. Sesi pertama dimulai dengan Studi Kasus. Masing-masing diberi waktu 1 jam untuk menjawab 4 soal studi kasus yang diberikan semua soal berhubungan dengan masalah yang dihadapi tempat-tempat pariwisata di Indonesia. Kemudian setelah itu peserta diminta untuk mempresentasikan di depan juri. Selesai studi kasus, dilanjutkan dengan presentasi video pariwisata dan juga power point yang telah dipersiapkan. Kami menampilkan video kami yaitu Soul of Tanjung Lesung dan juga menjelaskan tentang isi video dan juga makna dari tema Tanjung Lesung. Kami merasa bahwa kami sudah menampilkan yang terbaik dan berharap menang dalam kompetisi ini. Hanya ada 2 peserta yang menampilkan video yaitu Kelompok kami dan PPM. Sisanya mempresentasikan karya mereka menggunakan power point. Sebenarnya, kami merasa agak kecewa karena peraturan awalnya adalah presentasi video kemudian diganti bisa menggunakan power point. Tetapi kami tetap optimis dengan karya kami karena kami telah bekerja secara maksimal dan memberikan yang terbaik.

marketing competition atmajaya 2015Penantian yang ditunggu akhirnya tiba, sore hari itu pengumuman pemenang lomba National Marketing Competition akan diumumkan. Kami bertiga berkumpul dan penasaran pemenang lomba. Akhirnya, dibacakan juga pemenang dari lomba ini dan KAMI MENANG SEBAGAI JUARA 1!!! Kami terkejut, bangga, dan senang kami bisa menang sebagai juara 1. Akhirnya jerih payah, kerja keras, pengorbanan kami berbuah hasil. Walaupun hadiah yang diberikan tidak sebanding tetapi kami merasa senang dan bangga. Pengalaman yang kami lakukan dengan adanya lomba ini lebih berharga dari apapun. Kami ingin berterima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa, Ibu Anetta selaku dosen pembimbing kami yang selalu memberikan saran dan masukan yang membangun, teman-teman yang telah membantu dan berkontribusi banyak, dan juga teman satu tim dimana kita jatuh bangun bersama, susah senang bersama, stress bersama. Sungguh luar biasa. Tanpa kalian kami tidak akan bisa sampai ke tahap ini dan bisa menang. Saya percaya bahwa apa yang kita lakukan apabila dijalankan dengan senang hati, perjuangan, dan kerja keras maka hasil yang diberikan juga akan memusakan dan tidak sia-sia.

Video SOUL OF TANJUNG LESUNG bisa dilihat di :  https://youtu.be/HcA3SQ6zyD8

Published at :
Leave Your Footprint

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.