People Innovation Excellence

Gimana Yah Cara Kelola Persediaan

Oleh Adi Teguh Suprapto, SE., MM (Faculty Member Business Mathematics & Economic Statistics)

?Kapan ya seharusnya saya pesan kantung plastik lagi? Agar tidak kehabisan disaat pelanggan berbelanja?? pertanyaan Winda didalam hati. Winda yang sedang termenung setelah mendapat teguran dari Store Manager sebuah Toko Swalayan terkemuka di Jakarta, akibat kehabisan persediaan kantung plastik pembungkus barang belanjaan pelanggan. Baru tiga bulan Winda diterima bekerja sebagai Head Cashierdi Toko Swalayan tersebut dan belum memahami benar cara mengelola persediaan plastik pembungkus pada Cashier Department yang dibawahinya.

Sebenarnya dalam Management Science terdapat ilmu mengelola inventory atau persediaan barang. Ilmu mengetahui seberapa besar atau kapan kiranya persediaan perlu dipesan kembali (re-order point). Sehingga suatuperusahaan ritel seperti swalayan tempat Winda bekerja diatas tidak terjadi kehabisan stok plastik pembungkus kembali.

Menentukan Waktu Pemesanan Kembali (Re Order Point)

Misalkan pemakaian rata-rata plastik pembungkus di swalayan tersebut sebesar 500pcs perminggu, sementara untuk memesan plastik kepada supplier atau pemasok nya, dibutuhkan waktu tunggu atau Lead Time4minggu hingga barang sampai ke swalayan.Stok Pengaman atau Safety Stock juga dibutuhkan sebenarnya, untuk jaga-jaga semisal waktu tunggu meleset jadi lebih lama ataupun misal pemakaian melebihi rata-rata.

Dalam hal ini Swalayan membutuhkan Safety Stock 1.000 pcs untuk 2 minggu. Maka tingkat persediaan minimum saat sebaiknya dilakukan pemesanan plastik kembali adalah :

ROP = ( LT x AU ) + SS

Dimana:

ROP


Published at :
Written By
Adi Teguh Suprapto, SE., MM
Faculty Member Business Mathematics & Economic Statistics | BINUS University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close