People Innovation Excellence

SUKSESKAH REBRANDING TOKOBAGUS MENJADI OLX?

Oleh Rita, S.E., M.Si

Cara Tepat, Jual Cepat”

Tagline tersebut tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama bagi pengguna situs online shopping jual beli barang-barang bekas. Semula dikenal bernama tokobagus.com kini berubah menjadi OLX.co.id. Tidak hanya perubahan nama, tetapi juga perubahan logo dan URL. Perubahan ini dalam dunia marketing disebut dengan rebranding.

Rebranding merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit.

OLX

Rebranding tokobagus.com menjadi OLX.co.id adalah strategi pemasaran perusahaan dengan membuat sebuah nama baru (brand renaming) dan logo baru (brand redesign) yang diciptakan dengan tujuan pengembangan dan memberikan sebuah pembaharuan dalam benak konsumen, investor, dan pesaing. Bagi lidah masyarakat Indonesia menyebutkan brand Tokobagus akan lebih mudah dibandingkan OLX.

Mengapa rebranding tersebut justru dilakukan? Alasannya adalah bahwa perusahaan ingin memperbesar pangsa pasarnya tidak hanya di skala lokal, tetapi juga global. Perubahan nama dilakukan agar brand dapat menstandarisasikan dirinya secara global (global re-branding trap). Hal ini juga pernah dilakukan oleh Sari Puspa yang melakukan rebranding menjadi Soffell, serta Nasional menjadi Panasonic, dan dikategorikan berhasil.

Apakah rebranding tokobagus.com menjadi OLX.co.id dikatakan berhasil? Menurut data dari riset MetrixLab terhadap brand awareness OLX selama 3 bulan semenjak rebranding pada tanggal 20 Mei 2014, OLX masih menjadi top of mind awareness di kalangan masyarakat Indonesia dengan platform jual beli online. Kesuksesan rebranding OLX menurut Alif Priyono, Chief Operating Officier OLX datang dari beberapa faktor. Pertama investasi iklan di televisi komersil, kedua fasilitas Google Search yang memudahkan user menemukan OLX dan ketiga pemasangan sistem permanen redirect situs Tokobagus menuju halaman OLX Indonesia.

Apa yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan apabila memutuskan rebranding?

  • Identification, tentukan apa tujuan rebranding, mengapa perusahaan melakukan rebranding, dan hasil akhir apa yang diharapkan.
  • Articulation, mencari tahu bagaimana mengekspresikan unique value, mencari tahu alasan dari para stakeholder dan pelanggan mengapa mereka mau bekerja sama dengan perusahaan.
  • Action, semua rencana dan riset akan menjadi sia-sia, jika kita tidak segera bertindak.

Satu hal yang bisa mengubah hidup bisnis Anda adalah dengan bertindak. Jika perlu, ubah nama dan logo merek Anda. (Berbagai Sumber)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close