People Innovation Excellence

Technology Adoption Life Cycle Framework As A Key To Hi-Tech Market Acceptance

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM

Pasar sekarang ini dihujani dengan produk fisik maupun produk digital yang dikatakan ‘canggih’, karena mengandalkan pemanfaatan teknologi dalam penggunaannya, dan mengharuskan penggunanya juga memahami teknologi untuk bisa mengkonsumsi produk tersebut. Dari sekian banyak produk hi-tech tersebut, tidak sedikit yang harus mengalami kegagalan untuk masuk ke pasar secara luas. Apakah karena produk gagal tersebut dikarenakan teknologinya kurang canggih atau bagaimana?

Ternyata, salah satu kunci yang bisa menjawab hal tersebut adalah kerangkaTechnology Adoption Life Cycle, yang merupakan model yang menggambarkan tingkat penerimaan suatu produk teknologi baru yang sebelumnya belum pernah ada, berdasarkan karakteristik demografi dan psikografi dari masing-masing kelompok pengguna.

Source: http://2012books.lardbucket.org/books/mass-communication-media-and-culture/s19-06-mass-media-new-technology-and-.html

Source: http://2012books.lardbucket.org/books/mass-communication-media-and-culture/s19-06-mass-media-new-technology-and-.html

Masing-masing kelompok (Innovators, Early Adopters, Early Majority, Late Majority, Laggards) memiliki karakteristik demografi dan psikografi yang berbeda-beda dalam konteks pengadopsian produk teknologi baru. Hal ini menyebabkan marketermembutuhkan strategi dan taktik yang berbeda dalam menghadapi kelima segmen yang berbeda ini, bila ingin sukses melakukan penetrasi ke pasar secara luas.

Menurut Geoffrey Moore (2002), cara untuk mengembangkan pasar high-tech adalah dengan
mengerjakan segmen mulai dari kiri ke kanan pada kurva Technology Adoption Life Cycle, fokus padainnovators, menumbuhkan pasar tersebut, kemudian berpindah ke early adopters, menumbuhkanpasar tersebut, dan begitu seterusnya.

Segmen pertama yang harus dikerjakan dalam pengenalan produk teknologi baru adalah kelompok innovators,yang mengejar teknologi secara agresif tanpamenghiraukan fungsi dari teknologi itu sendiri. Setelah pasar innovatorsberhasil ditembus, PR selanjutnya adalah segmenearly adopters yangmudah berimajinasi,memahami, dan menghargai benefit dari teknologi, serta menghubungkan potential benefit ini dengankepentingan-kepentingan lain. Strategi positioning untuk early adopters adalah ?Who for and whatfor??. Segmen ini hanya akan membeli produk bila mereka tahu untuk siapa produk ini sebenarnyaditujukan dan apa fungsinya.

Setelah dua segmen pertama tersebut berhasil dimasuki, maka di sinilah tantangan terbesar bagimarketeruntuk masuk ke pasar yang lebih luas, yaitu dua segmen berikutnya,early majoritydanlate majority, yang akan saya teruskan di artikel saya berikutnya (The Crucial Moment of Hi-Tech Marketer: Crossing The Chasm). Sedangkan, segmenlaggardsadalah segmen yang ‘disisakan’ olehmarketerkarena tidak mungkin untuk menjangkau segmen ini, dikarenakan keterbatasan daya beli atau karakternya yang sangat konvensional.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close